Komentar IMF Memicu Penguatan Harga Emas Semalam

Komentar IMF Memicu Penguatan Harga Emas Semalam

Kamis, 18 Juli 2019 07:49:04 WIB
Harga emas pada 17 Juli 2019 mencatat penguatan sebesar 1.5%, dengan ditutup naik di level $1426.50, setelah komentar dari International Monetary Fund (IMF) bahwa nilai dolar saat ini dipandang terlalu mahal daripada nilai seharusnya.

IMF berkata bahwa nilai dolar lebih tinggi 6% hingga 12% daripada seharusnya bila diukur dari data-data ekonomi jangka pendek. Laporan tenaga kerja yang baik di awal bulan Juli nampak menghapus kemungkinan pemotongan suku bunga hingga 0.5% pada pertemuan FOMC mendatang.

Tetapi komentar kepala Fed, Jerome Powell, menimbulkan harapan akan adaa langkah tegas dan cepat dari bank sentral AS. Sebelumnya data penjualan ritel AS yang dilaporkan lebih baik menekan harga emas turun di hari Selasa lalu, yang dipandang pasar sebagai kemungkinan bagi Fed untuk tidak melakukan pemotongan suku bunga secara besar-besaran dalam waktu dekat.

Fokus utama para pelaku pasar pada Pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) yang akan dilaporkan pada 1 Agustus 2019 dini hari, yang masih memberikan potensi naik bagi XAUUSD. Dengan banyak pelaku pasar sudah mengekspektasikan pemotongan suku bunga sebesar 0.25%, perubahan suku bunga di luar ekspektasi ini berpotensi menggerakkan harga emas pada hari tersebut.
(andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search