Laporan IMF Dan Moody's Telah Mendorong Harga Emas Naik ke $1568/Onz

Laporan IMF Dan Moody's Telah Mendorong Harga Emas Naik ke $1568/Onz

Selasa, 21 Januari 2020 14:23:34 WIB
Harga emas kembali bergerak naik pada hari Selasa (21/1) ke level $1568.58/onz seiring pasar yang mengkhawatirkan pernyataan dari International Monetary Fund (IMF) yang mana mereka mempertahankan outlook ekonomi yang suram untuk tahun 2020.

IMF mengurangi perkiraan pertumbuhan ekonomi global untuk tahun ini menjadi 3.3% dari sebelumnya 3.4% pada bulan Oktober lalu.

IMF juga memangkas perkiraan untuk tahun 2021 sebesar 0.2% menjadi 3.4%, mengutip dari perlambatan di India dan negara berkembang lainnya sebagai faktor-faktor tambahan.

Laporan ini mendorong harga logam mulia lebih tinggi, dan memicu penurunan pasar ekuitas.

Yang semakin meningkatkan kekhawatiran juga datang dari laporan Moody's yang menurunkan peringkat kredit Hong Kong. Lembaga pemeringkat tersebut pada hari Senin mengatakan bahwa "belum adanya rencana nyata untuk mengatasi masalah politik atau ekonomi dan sosial dari penduduk Hong Kong yang telah muncul dalam sembilan bulan terakhir dapat mencerminkan melemahnya kapasitas kelembagaan yang terkait daripada yang sebelumnya dinilai oleh Moody's.

Sementara itu, kekhawatiran akan virus corona di Tiongkok juga menopang kenaikan logam mulia pada hari ini, setelah laporan menunjukkan adanya bukti penularan virus melalui manusia.

Di tempat lain, ketegangan di Irak selama akhir pekan juga masih menjadi fokus, meskipun belum berikan dukungan nyata untuk harga emas.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search