Mengabaikan Penguatan Dollar, Emas Bergerak Menguat Tipis

Mengabaikan Penguatan Dollar, Emas Bergerak Menguat Tipis

Selasa, 02 Oktober 2018 17:11:50 WIB

Abaikan menguatnya indeks dollar, harga emas masih memperlihatkan reli penguatan selama perdagangan hari ini. Penguatan harga emas dinilai oleh para analis sebagai bentuk memudarnya risk appetite investor.

Semalam AS dan Kanada pada akhirnya menyetujui perjanjian baru terkait hubungan perdagangan antara AS dan Amerika Utara. Sebelumnya perjanjian itu disebut dengan North American Free Trade Agreement (NAFTA). Meski sudah disetujui oleh Meksiko, namaun perjanjian ini sempat ditentang oleh Kanada karena dianggap merugikan pihak Kanada.

Pada akhirnya Kanada pun akhirnya menyepakati perjanjian baru dengan sebutan The United States Mexico Canada Agreement (USMCA). Perubahan pada perjanjian kali ini menitikberatkan untuk membentuk win-win solution antara AS-Kanada-Mexico. Hal inilah yang membuat dollar AS semakin diburu oleh investor sehingga para pelaku pasar akan cenderung menjauhi aset berisiko.

Di sisi lain, faktor teknikal dinilai menjadi penahan pelemahan harga emas lebih lanjut pada hari ini.

Selama hampir satu bulan, harga emas terlihat masih konsolidasi untuk naik ke atas level 1200. Meski begitu harga emas juga terlihat belum mampu menyentuh kembali level rendah ke bawah area level 1180. Pasca The Fed menaikkan suku bunga, harga emas memang cenderung bergerak ranging antara 1180 - 1198.

Hari ini, pukul 17.08 WIB harga emas berada di kisaran level $1192.41 per troy ons. Fokus investor selanjutnya adalah pidato Ketua The Fed Jerome Powell yang akan menyampaikan outlook pasar tenaga kerja AS dan laju pertumbuhan inflasi AS.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search