Minat Safe Haven Masih Meningkat, Harga Emas Pertahankan Penguatan

Minat Safe Haven Masih Meningkat, Harga Emas Pertahankan Penguatan

Selasa, 16 Oktober 2018 23:29:37 WIB

Harga emas masih memperlihatkan penguatannya hingga hari ini di tengah sentimen permintaan investor akan aset safe haven. Memanasnya geopolitik yang terjadi di Arab Saudi dan outlook perlambatan pertumbuhan ekonomi global masih menjadi sentimen meningkatnya permintaan aset safe haven yang berdampak pada penguatan harga emas.

Selain itu, indeks dollar yang melemah turut menopang penguatan harga emas. Indeks dollar terlihat melemah di tengah menguatnya salah satu mata uang utama seperti poundsterling yang hari ini mendapatkan momentum penguatannya. Data tenaga kerja yang dianggap positif dan meningkatnya indeks rata-rata upah Inggris di atas estimasi menjadi sentimen positif bagi poundsterling.

Pasca rilis data penjualan ritel AS yang di bawah estimasi, dollar masih dalam kecenderungan untuk melemah hingga hari ini. Sehingga harga emas masih berpeluang lanjutkan penguatannya.

Untuk selanjutnya, fokus investor akan tertuju pada rilis notula rapat kebijakan moneter The Fed yang akan dirilis pukul 1.00 WIB Kamis mendatang. Dari rilis notula tersebut, akan terlihat outlook kenaikan suku bunga The Fed yang sebelumnya diindikasikan akan berlanjut hingga tahun 2019 mendatang.

The Fed diekspektasikan akan menaikkan suku bunga keempatnya pada akhir tahun 2018 ini.

Hingga pukul 23.26 WIB harga emas diperdagangkan di level $1228.18 per troy ons setelah sempat menyentuh level tertinggi harian di level $1232.32 per troy ons. Area level $1230 tampaknya masih konsolidasi untuk bisa melanjutkan penguatannya.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search