Minat Spekulan Pada Emas Mencapai Rekor Tertinggi

Minat Spekulan Pada Emas Mencapai Rekor Tertinggi

Senin, 03 September 2012 21:24:43 WIB

Monexnews -

Gangguan supply dan berbagai harapan stimulus yang merupakan faktor penggerak harga Emas yang utama menjadi dominan di logam mulia saat ini dan secara keseluruhan telah mendorong harga ke level yang cukup tinggi.

Emas mendekati level tertinggi 5-bulan tidak lama setelah Ketua

The Fed, Ben Bernanke berpidato, hanya terpaut sekitar $100 dari level tertinggi tahun 2012 di level $1790.50 yang diraih pada 26 February lalu.

Semenjak komentar Bernanke di Jackson Hole hari Jumat lalu, kebanyakan analis melihat masih ada peluang Emas menembus level tertinggi tahun 2012 tersebut. Selain ada banyak bukti tambahan bahwa minat para investor terhadap emas kembali meningkat, baik dari sisi emas fisik khususnya permintaan dari industri perhiasan selain itu faktor fundamental juga masih mengindikasikan kenaikan harga Emas maupun aksi spekulatif para investor pada aset emas ETF yang baru saja dilaporkan mencapai rekor tertinggi pekan ini.

Namun yang cukup menarik kenaikan Emas terhadap Euro lebih pesat dibanding harga Emas terhadap

Dollar AS, dimana harga Emas dalam Euro telah melampaui level tertinggi tahun 2012, dan hanya terpaut 2% dari harga rekor tertinggi Emas tahun lalu.

Melihat kedepan, para pelaku pasar Emas akan menantikan kebijakan moneter

ECB dan komentar Presiden ECB, Mario Draghi di hari Kamis nanti. Diperkirakan minat para investor terhadap Emas akan semakin bertambah jika ECB mengambil langkah untuk menambah stimulus sama halnya seperti respon para investor pada arah kebijakan The Fed kemarin.

Secara teknikal, bias intraday menjadi bullish namun masih dibutuhkan penembusan konsisten dan closing daily diatas area 1704 untuk memicu momentum bullish lebih lanjut mengincar target resisten selanjutnya di 1712 & 1731. Support terdekat tampak di area 1681, anjlok lagi dibawah area tersebut masih membuka peluang koreksi pendek ke kisaran 1675. Namun pelemahan pada fase ini masih wajar dan dapat dianggap bersifat sementara, selama harga masih tertahan diatas area 1660, skenario bullish masih lebih dominan.(Sap)


(Sap)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search