Nantikan Keputusan Soal Tarif, Harga Emas Berpotensi Turun

Nantikan Keputusan Soal Tarif, Harga Emas Berpotensi Turun

Kamis, 12 Desember 2019 11:52:20 WIB
Harga emas bergerak menguat dinihari tadi (12/12) hingga kisaran $1478 per troy ons karena pernyataan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) yang menginginkan suku bunga acuan AS tetap tahun depan dan tidak terburu-buru untuk dinaikan. Pernyataan ini melemahkan nilai tukar dollar AS. Kini, perhatian pasar beralih ke penetapan tarif yang mendekati batas waktu tanggal 15 Desember 2019.

Keputusan mengenai tarif ini sangat dinantikan oleh pelaku pasar karena hal tersebut memberikan sinyal kepastian kesepakatan dagang AS dan Tiongkok yang saat ini negosiasinya masih berlangsung. Presiden Trump beberapa waktu yang lalu telah mengeluarkan pernyataan akan menerapkan tarif baru tanggal 15 Desember ini. Dan Tiongkok juga sudah bersiap membalasnya dengan menaikan tarif barang-barang yang diimpor dari AS.

Penetapan tarif ini mungkin akan dibatalkan sebagai gestur positif AS untuk mendorong negosiasi mencapai kesepakatan. Tapi mungkin juga tidak, bila AS beranggapan bahwa negosiasi sulit mencapai titik temu. Jadi pasar masih menantikan keputusan AS soal tarif menjelang tanggal 15 ini.

Kepastian kesepakatan dagang akan memberikan sentimen positif ke aset berisiko dan mendorong pelemahan aset safe haven seperti emas.

Level $1478-1480 kelihatannya menjadi level resisten terdekat saat ini. Area resisten ini berpotensi menjadi area Jual atau Sell karena harga terlihat mengalami penolakan di kisaran level ini.

Bila harga berlanjut turun menembus ke bawah support $1473, pelemahan harga emas mungkin bisa berlanjut ke support selanjutnya di kisaran $1467-1468.

Trader harus mewaspadai bila harga berbalik arah menembus ke atas level $1484. Harga mungkin naik lebih lanjut ke area $1490 an bila melewati level tersebut.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search