Peluang Trading Emas Setelah AS Dan Tiongkok Sepakat

Peluang Trading Emas Setelah AS Dan Tiongkok Sepakat

Senin, 16 Desember 2019 11:48:07 WIB
Harga emas saat ini (16/12) masih bertengger di kisaran $1474 per troy ons, tidak bergerak banyak dari level penutupan Jumat kemarin (13/12) di kisaran $1475 per troy ons. Padahal isu yang sudah lama ditunggu kepastiannya oleh pelaku pasar yaitu negosiasi dagang AS dan Tiongkok fase 1 sudah berakhir dengan kata sepakat pada Jumat malam kemarin.

Tapi apa yang kurang? Konferensi pers yang dilakukan oleh Tiongkok, Jumat malam tidak menjelaskan secara rinci apa yang disepakati. Demikian pula twit dari Presiden Trump di waktu bersamaan tidak menjelaskan rincian kesepakatan. Mereka hanya menonjolkan bahwa tidak ada tarif impor baru pada tanggal 15 Desember karena sudah ada kata sepakat. Pasar masih menunggu rincian kesepakatan seperti berapa banyak produk pertanian yang akan dibeli Tiongkok, tarif impor apa saja yang dibatalkan dan apa yang akan dinegosiasikan pada fase kedua.

Kurangnya penjelasan yang rinci menimbulkan kehati-hatian di kalangan pelaku pasar. Ini membuat pasar tidak segera beralih dari aset safe haven seperti emas ke aset berisiko. Namun demikian, kesepakatan ini tetap mengurangi kekhawatiran pasar dan memberikan sentimen positif ke aset berisiko. Bila rincian kesepakatan dirilis dan hasilnya memuaskan, sentimen pasar akan makin positif dan bisa mendorong pelemahan harga emas yang dalam.

Lalu bagaimana peluang tradingnya?

Pada grafik 4 jam, level $1479 per troy ons terlihat sebagai resisten terdekat. Selama harga berada di bawah kisaran ini, potensi bearish atau penurunan masih besar. Ini bisa dikonfirmasi dengan grafik time frame harian dimana harga masih bertengger di kisaran garis Moving Average Eksponensial 50.

Peluang penurunan mengarah ke support, di area konsolidasi, di kisaran $1465 per troy ons. Bila tekanan berlanjut, harga bisa menuju kisaran support selanjutnya di $1461 dan 1458 per troy ons.

Sebaliknya, trader yang memiliki pandangan bearish harus berhati-hati bila harga sudah berhasil menembus ke atas resisten $1479 per troy ons. Penguatan lebih lanjut ke atas $1483 bisa membuka potensi bullish yang lebih besar.


Grafik Emas Time Frame 4 Jam -> Monex
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search