Penguatan Harga Emas Ke $1526 Per Troy Ons Seiring Dengan Pelemahan Yield Obligasi AS

Penguatan Harga Emas Ke $1526 Per Troy Ons Seiring Dengan Pelemahan Yield Obligasi AS

Selasa, 24 September 2019 00:17:55 WIB
Harga emas (XAUUSD) sempat menguat ke kisaran $1526,77 per troy ons, Senin Malam (23/9) seiring dengan pelemahan tingkat imbal hasil atau yield obligasi Amerika Serikat.

Seperti telah diketahui bahwa pergerakan harga emas juga bisa dipengaruhi tingkat imbal hasil obligasi AS. Naik-turunnya tingkat obligasi AS mempengaruhi kekuatan dollar AS. Tingkat imbal hasil obligasi AS yang menurun mengakibatkan pelemahan nilai tukar dollar AS. Dan sebaliknya kenaikan tingkat imbal hasil obligasi AS akan memperkuat nilai tukar dollar AS.

Hubungannya dengan harga emas yaitu penguatan atau pelemahan nilai tukar dollar AS berpengaruh terhadap naik-turunnya harga emas. Harga emas dinilai dalam dollar AS, jadi sudah sewajarnya harganya akan terpengaruh oleh nilai tukar dollar AS. Dollar AS yang melemah akan berimbas kepada kenaikan harga emas dan sebaliknya dollar AS yang menguat akan mendorong pelemahan harga emas.

Saat harga emas mencapai $1526,77 per troy ons tadi, tingkat imbal hasil obligasi AS sedang mencapai level rendah hari ini. Masing-masing imbal hasil untuk tenor 2 tahun, 10 tahun dan 30 tahun berada di level rendah 1,634%, 1,668% dan 2,113%. Sementara level tinggi untuk hari ini secara berurutan adalah 1,727%, 1,776% dan 2,213%.

Oleh karena itu, harga emas masih akan berpeluang naik selama tingkat imbal hasil obligasi AS dalam tren menurun.

(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search