Penurunan Harga Emas Tertahan Karena Ketegangan Di Timur Tengah

Penurunan Harga Emas Tertahan Karena Ketegangan Di Timur Tengah

Selasa, 17 September 2019 10:46:15 WIB
Harga emas, Selasa pagi ini (17/9) bergerak di kisaran $1498 per troy ons pasca serangan drone ke fasilitas produksi minyak Arab Saudi. Sepanjang Senin kemarin, harga emas tidak berlama-lama berada di kisaran $1500 per troy ons, berangsur turun ke area $1496 per troy ons. Ini karena masing-masing pihak berusaha meredam ketegangan dengan menunjukan sikap wait and see.

Namun demikian, isu ini masih terbuka. Ketegangan masih tetap ada. Arab Saudi masih melakukan proses investigasi untuk memutuskan siapa dalang di balik serangan ini dan bagaimana merespon serangan tersebut. Penurunan harga emas menjadi tertahan. Harga emas masih berpeluang menguat lagi.

Sebelumnya pihak pemberontak Yaman, Houthi, telah menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut. Serangan tersebut merupakan balasan terhadap agresi Arab Saudi ke wilayahnya di Yaman. Akan tetapi, pejabat Amerika Serikat segera menuding bahwa dalangnya adalah Iran, yang tentu saja segera dibantah oleh Iran.

Iran bersiap perang bila tuduhan terus diarahkan kepadanya. Tapi, Trump menyatakan tidak menginginkan perang, namun siap membantu Arab Saudi.

Seperti diketahui, negara Yaman telah mengalami konflik internal sejak tahun 2015. Konfik terjadi antara pihak pemerintah Yaman dengan Houthi yang dianggap sebagai pemberontak. Konflik internal ini meluas dengan melibatkan negara-negara sekitarnya. Arab Saudi membantu pemerintah Yaman untuk memerangi Houthi dengan serangan-serangan udaranya. Sementara Iran dituduh membantu Houthi.


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search