Pesimisme Pertemuan AS - Tiongkok Angkat Harga Emas, Gerakkan Mata Uang Utama

Pesimisme Pertemuan AS - Tiongkok Angkat Harga Emas, Gerakkan Mata Uang Utama

Kamis, 10 Oktober 2019 07:24:14 WIB

Harga emas naik ke leve tertinggi $1516.90 di hari Kamis (10/10) atas meningkatnya pesimisme pertemuan dagang AS - Tiongkok hari ini.

Diawali oleh penempatan 28 perusahaan Tiongkok dalam daftar hitam oleh pemerintah AS menanggapi perlakuan Tiongkok terhadap minoritas Muslim di negaranya dan twit pejabat NBA terkait kerusuhan di Hong Kong di hari Senin, hanya beberapa hari menjelang pertemuan penting negosiasi dagang bilateral kedua negara yang dipandang upaya terakhir untuk mencairkan perang dagang yang sudah berlangsung selama 15 bulan. Pihak Tiongkok menyinggung dengan tegas agar AS tidak ikut campur tangan dalam kedaulatan negaranya. Yang selanjutnya ditanggapi dengan penolakan visa pejabat-pejabat dan pembatasan visa umum yang diajukan oleh warga negara Tiongkok, memicu penolakan Visa warga AS masuk ke wilayah Tiongkok.

Berlanjut kabar pagi ini bahwa pada pertemuan awal antara perwakilan kedua negara, tidak tercapai hasil dalam pembahasan awal perudningan dagang selama 2 hari terakhir. Isu delegasi Tiongkok akan menolak membahas permintaan pemindah tanganan teknologi, salah satu topik penting yang diminta pihak AS. Dan kabar bahwa delegasi Tiongkok menolak bermalam di AS, dan hanya akan melakukan pertemuan di hari Kamis saja, memicu kekhawatiran perundingan tersebut tidak akan mencapai hasil yang signifikan dan perang dagang akan berlanjut lebih lama, mengancam perekonomian global.

Selain harga emas, harga minyak turun ke level terendah $51.40, AUDUSD turun ke 0.6710, USDJPY turun ke level 107.03. EURUSD naik ke level tertinggi 1.0989 sedangkan GBPUSD tidak bergerak signifikan.



(Andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search