Selama Negosiasi Dagang Belum Selesai, Harga Emas Masih Berpeluang Menguat

Selama Negosiasi Dagang Belum Selesai, Harga Emas Masih Berpeluang Menguat

Jum'at, 27 September 2019 10:44:27 WIB
Harga emas saat ini (27/9) masih berada di kisaran $1505 per troy ons. Setelah penurunan tajam dari kisaran $1535 di hari Rabu kemarin, harga emas melakukan konsolidasi di kisaran $1500-$1512 per troy ons.

Naik turunnya harga emas belakangan ini tidak terlepas dari konflik dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok yang berkepanjangan. Negosiasi dagang yang dilakukan hingga saat ini pun masih belum berujung pada kesepakatan. Masing-masing pihak memperlihatkan gestur yang berubah-ubah yang memberikan keraguan ke pasar bahwa negosiasi dagang akan berakhir dengan kesepakatan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Info terbaru, Tiongkok berjanji akan membeli produk pertanian AS lebih banyak. Ini memberikan gestur positif terhadap negosiasi lanjutan yang akan diselenggarakan (mungkin) tanggal 10 Oktober 2019 nanti di Washington. Namun sebelumnya, AS dikabarkan tidak akan memperpanjang ijin sementara perusahaan AS untuk berhubungan bisnis dengan Huawei.

Risiko perang dagang yang masih terbuka ini sejurus dengan pergerakan teknikal harga emas saat ini.

Harga emas XAUUSD Harian, sumber Monex Trader

Dari struktur harga emas yang terjadi saat ini, harga masih membuka peluang untuk naik. Pada grafik harian, kita bisa melihat pergerakan naik sejak 31 Mei 2019 terus membentuk struktur level tertinggi dan level terendah yang lebih tinggi (Higher High and Higher Low). Dan sekarang puncaknya ada di kisaran $1556, yang terbentuk tanggal 4 September 2019.

Setelahnya, harga mulai melakukan konsolidasi ke bawah tapi masih belum bisa menembus ke bawah support penting $1480 per troy ons, yang juga menjadi potensi target pelemahan harga emas saat ini. Level support ini merupakan level kunci yang bisa mengubah arah pergerakan emas ke bawah. Potensi target bila harga berubah turun adalah ke kisaran $1460 dan selanjutnya ke $1430.

Sementara untuk arah penguatan, harga berpeluang menguji kembali level tinggi $1556 dan selanjutnya mengarah ke kisaran $1575 dan $1600 per troy ons.

Ariston Tjendra

(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search