Terpicunya Optimisme Kesepakatan Dagang AS - Tiongkok, Tekan Harga Emas Turun Ke  Bawah Level $1457

Terpicunya Optimisme Kesepakatan Dagang AS - Tiongkok, Tekan Harga Emas Turun Ke Bawah Level $1457

Senin, 02 Desember 2019 15:23:03 WIB

Mantan Wakil Menteri Perdagangan Tiongkok, Wei Jianguo, mengutarakan kepercayaan diri bahwa AS - Tiongkok akan mencapai kesepakatan tahap pertama. Mendorong harga emas turun ke level $1455.90 saat penulisan.

Wei memprediksikan kesepakatan dapat ditandatangani sebelum Imlek, pada akhir Januari 2020. Fokus kesepakatan tersebut mencakup hal-hal penting yaitu perlindungan hak intelektual, keterbukaan pasar keuangan Tiongkok, tingkat belanja sektor peternakan oleh Tiongkok, dan yang paling penting adalah pencabutan biaya tarif eksport import kedua negara. Hal-hal diluar itu dapat dibahas pada kesepakatan dagang taham selanjutnya, dan masalah dagang kedua negara perlu diselesaikan secara bertahap.

Sebelumnya siang ini, pemerintah Tiongkok mengenakan sanksi untuk beberapa organisasi non-pemerintahan AS di Tiongkok, terkait penandatanganan UU kemanusiaan Hong Kong oleh Trump pekan lalu. Tetapi pasar nampak masih menaruh harapan kesepakatan dagang dapat diselesaikan tanpa masalah secepatnya. Dan masalah tarif eksport import menjadi hal yang paling penting karena adalah awal mula perang dagang yang sudah berlangsung 16 bulan terakhir.

Bila AS tidak menunjukan eberatan atas sanksi dari Tiongkok, dan berupaya mencapai kesepakatan lebih jauh, harga emas berpotensi lanjutkan pelemahan, menguji level $1450, yang sudah dicoba pekan lalu. Sebaliknya, bila AS menunjukan sikap menentang dan meningkatkan tarif / sanksi kepada Tiongkok, akan memicu kekhawatiran gagalnya kesepakatan dagang lagi, dan membuka peluang kenaikan harga emas menguji level resisten $1465 - $1500.



(Andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search