The Fed Tahan Kenaikan Bunga, Emas ke Tertinggi 3 Pekan

The Fed Tahan Kenaikan Bunga, Emas ke Tertinggi 3 Pekan

Kamis, 21 Maret 2019 15:44:42 WIB
Kebijakan bank sentral AS yang memastikan tidak akan menaikkan bunga di tahun ini membuat harga emas melejit hingga mencapai level tertinggi 3 pekan pada Kamis (21/3/2019). Keputusan The Fed yang lebih dovish dari perkiraan pasar meyakinkan pasar bahwa arah perekonomian AS dan global mengalami pelemahan di tahun ini.

Selain memastikan tidak ada kenaikan bunga, The Fed juga memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi AS tahun ini, dari 2,3 persen menjadi 2,1 persen sementara tahun depan 1,9 persen, dari proyeksi sebelumnya 2,0 persen.

Suku bunga yang lebih rendah membebani dollar dan imbal hasil obligasi AS atau US Treasury, sebaliknya akan meningkatkan daya tarik emas yang tidak memberikan bunga (non yield). Emas sering digunakan sebagai lindung nilai terhadap risiko politik dan keuangan.

Saat penulisan, emas diperdagangkan di $1319.74, tertinggi 3 pekan, naik 0,56 persen dari penutupan Rabu.

(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search