Trump Mengeluarkan Pernyataan, Harga Emas Menguat Lagi

Trump Mengeluarkan Pernyataan, Harga Emas Menguat Lagi

Rabu, 04 Desember 2019 11:30:44 WIB
Rabu Malam (3/12), harga emas meroket hingga $1481 per troy ons. Kenaikan ini dipicu oleh kekhawatiran pasar terhadap negosiasi dagang Amerika Serikat (AS) - Tiongkok yang mungkin tidak bakal mencapai titik temu di tahun ini.

Presiden Trump menyulut ekspektasi di atas dengan mengeluarkan pernyataan bahwa kemungkinan kesepakatan dagang AS-Tiongkok bisa ditunda hingga pasca pemilu presiden AS bulan November 2020. Trump ingin mendapatkan kesepakatan yang terbaik untuk Amerika Serikat sehingga Beliau kelihatannya tidak ingin terburu-buru melakukan kesepakatan. Pernyataan Trump ini mengindikasikan bahwa negosiasi yang kini berlangsung masih alot.

Apalagi parlemen AS kembali mengeluarkan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang mencampuri urusan internal Tiongkok, kali ini masalah etnis Uighur di Xinjiang. Kementrian luar negeri Tiongkok sudah mengeluarkan kecaman keras terhadap RUU ini.

Sebelumnya AS sudah menebarkan ancaman akan mengenakan tarif impor baru ke negara-negara yang dianggap tidak melakukan kebijakan yang adil untuk AS seperti Brazil, Argentina dan Perancis. Tindakan AS ini berpotensi mendorong pelambatan ekonomi global ke depannya.

Dengan perubahan fundamental tersebut, harga emas kini memiliki potensi kenaikan yang lebih besar dibanding penurunan. Ini karena emas merupakan salah satu aset safe haven, selain dollar AS dan yen Jepang.

Lalu bagaimana peluang harga emas ke depannya?

Dari grafik, ada potensi harga emas naik ke area resisten berikutnya di kisaran $1488, dan resisten berikutnya di kisaran $1494. Kedua level resisten ini adalah level retracement sebelum harga emas berangsur turun tanggal 6 dan 7 November 2019.

Tapi tentu saja potensi naik tersebut tidak tegak lurus, kemungkinan koreksi sebelum naik harus diwaspadai. Potensi koreksi ke area support $1468 yang merupakan area retracement fibonacci 62% dari 1460 dan 1481. Support berikutnya di kisaran 1460.

Kalau kita masuk ke grafik dengan timeframe harian (daily), harga emas sudah terlihat berada di atas garis Moving Average Exponential 50 yang mengindikasikan potensi kenaikan.

Berikut Grafik Emas Time Frame 4 Jam:
Grafik Harga Emas Time Frame 4 Jam. Sumber: Monex MT4

(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search