Tumbang ke $1540/Onz, Harga Emas Turun Karena Ekspektasi Meredanya Ketegangan AS-Iran

Tumbang ke $1540/Onz, Harga Emas Turun Karena Ekspektasi Meredanya Ketegangan AS-Iran

Kamis, 09 Januari 2020 14:15:26 WIB
Harga emas memperdalam penurunnya pada hari Kamis (9/1) hingga menyentuh ke level rendah di $1540.22/onz karena Presiden AS Donald Trump memilih untuk memberikan sanksi ekonomi terbaru kepada Iran daripada menyerukan tindakan militer, memicu harapan bahwa ketegangan di antara kedua negara akan mereda.

Dalam pidatonya setelah serangan Iran ke beberapa pangkalan militer AS, Trump mengatakan bahwa Iran tampaknya "mundur", ini akan menjadi hal yang baik untuk semua pihak yang berkepentingan.

Trump juga menambahkan bahwa fakanya bahwa kami miliki militer dan peralatan yang hebat, namun bukan berarti kami harus gunakan.

Pasar ekuitas global mulai pulih pasca komentar tersebut, sementara itu harga emas bergerak turun.

Harga emas mulai kehilangan momentum kemarin ketika Iran mengatakan bahwa mereka telah "menyimpulkan" serangan untuk saat ini, sementara itu Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mentweet bahwa negaranya "tidak mencari eskalasi atau perang.

Analis pasar di salah satu bank Australia mengatakan bahwa penggerak utamanya adalah respon yang tertunda dari Presiden Trump terhadap serangan rudal kemarin, ini menunjukkan bahwa dia mengambil pendekatan yang lebih hati-hati daripada sikap biasanya dan tweetnya sebelumnya telah disarankan. Pasar saat ini sebagian besar membatalkan risk-off yang telah terjadi sejak hari Jumat.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search