Harga Minyak $60/barel masih menjadi target di minggu ini

Selasa, 13 Desember 2016 15:23:33 WIB
Dwi Aviono
Head of Gold and Oil Market Desk

Monexnews - (Dwi Aviono)

Setelah dua negosiasi terpisah antara OPEC & Rusia, dan khusus OPEC & Non OPEC, berjalan sesuai dengan yang diharapkan yaitu terjadinya kesepakatan pembatasan produksi telah direspon oleh pasar dengan peningkatan harga yang melonjak 5.9 % dalam tempo 1 hari di awal minggu ini. Salah satu cerminan prilaku pasar merespon cukup positif yaitu dengan laporan yang dikeluarkan oleh cftc, Money manager mengurangi volume posisi short 45% menjadi 80.285 pada futures dan options, persentase penurunan terbesar semenjak bulan Maret 2011, penurunan volume transaksi ini nyatanya mampu melonjakan harga hingga $ 54.48/barel,

Perusahaan Minyak Amerika Serikat memanfaatkan harga tinggi ini untuk posisi lindung nilai mereka dalam antisipasi resiko yang memperkirakan harga akan berada di atas $ 50 di tahun 2017 dan 2018. Para produsen minyak Amerika menaikan produksi minyak shell yang dicerminkan oleh kenaikan pengoperasian rig di mulai dari bulan Mei 2016, rata-rata mengalami kenaikan sebanyak 6 rig/bulan. Sementara minggu ke 2 bulan Desember ini mengalami lonjakan 21 rig yang aktif, jauh di atas rata-rata bulanan.

Para pengamat perminyakan menilai lonjakan produksi dari Amerika serikat tidak terlalu berpengaruh secara cepat untuk menurunkan harga minyak mentah untuk saat ini. Apalagi pada pertemuan antara Saudi Arabia dan Non-OPEC Jumat yang lalu, bahwa Saudi sepakat untuk menurunkan kembali produksi minyak mentahnya di tahun 2017 mendatang. Nomura Holdings Inc memprediksi harga akan menyentuh $ 60/barel di minggu ini.


(Dwi Aviono)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search