Geliat Harga Minyak Mentah Minggu Ini Berikan Potensi Keuntungan

Senin, 30 Januari 2017 10:30:26 WIB
Dwi Aviono
Head of Gold and Oil Market Desk

Monexnews - (Dwi Aviono)

Performa minyak mentah minggu kemarin mengalami pelemahan 3%, dengan harga tertinggi $54.06 dan terendah $52.57, disebabkan oleh :

  1. Penguatan Dolar AS, terlihat dari indeks Dolar AS yang naik hingga ke level 100,82 dari level terendah 99,79, meskipun di awal sesi Asia hari ini melemah kembali ke 100.17
  2. Persediaan minyak mentah AS semakin meningkat begitu juga dengan jumlah rig yang aktif bertambah sebanyak 18 menjadi 712 rig. Semakin banyaknya jumlah rig yang aktif berpotensi menaikkan jumlah produksi minyak di AS.

    1. Masih konsistennya OPEC dan Non-OPEC melaksanakan pembatasan produksi, Arab Saudi melaporkan telah memangkas produksi menjadi 10,465 juta barel per hari di bulan Desember dari sebelumnya 10,720 juta barel per hari di bulan November 2016 atau turun 2%. Sementara sepanjang bulan Januari tingkat produksi dikatakan sebesar 10,058 juta barel perhari atau -4% dari bulan sebelumnya.
    2. Jika pengurangan produksi diikuti oleh Rusia dan negara produsen minyak terbesar lainnya maka harga $54.06 (27 Januari 2017) berpeluang dicapai kembali di minggu ini.

      1. 1 Februari, American Petroleum Intsitute akan melaporkan data persediaan minyak mentah mingguan dari sisi industri.

      2. 1 Februari, Energy Information Administration akan merilis laporan mingguan jumlah persediaan minyak mentah Amerika serikat.

      3. 3 Februari, Baker Hughes secara mingguan akan melaporkan data perkembangan rig aktif di Amerika Serikat sebagai indikasi geliat industri perminyakan.


(Dwi Aviono)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search