Faktor Penggerak Harga Minyak Mentah Minggu Ini

Selasa, 14 Februari 2017 11:06:35 WIB
Dwi Aviono
Head of Gold and Oil Market Desk

Monexnews - (Dwi Aviono)

Pekan ini minyak telah turun 2% , semenjak di buka awal minggu $53.78 hingga harga terendah Selasa $52.76. Merespon masih melimpahnya pasokan minyak mentah global yang dilaporkan oleh IEA (International Energy Agency) tanggal 10 Februari 2017 sebesar 96.4 juta barel/hari setelah naik 1.5 juta barel/hari di Januari 2017.

Ternyata usaha pembatasan produksi dari OPEC belum mampu melesatkan harga minyak dari kisaran harga $ 53.10. OPEC saat ini telah mengurangi pasokan sebesar 32.14 juta barel (laporan 13 Februari) di Januari ini, turun sebesar 1 juta barel/hari.

Menurut catatan Reuters tingkat kepatuhan dari negara-negara OPEC untuk mentaati komitmen bersama pembatasan produksi sudah mencapai 90%. Arab Saudi masih merupakan negara ekportir minyak mentah yang paling dominan sebagai penggerak harga, oleh karena itu ketika Menteri Perminyakan Saudi Khalid A. Al-Falih memberikan komentar akan berencana menambah jumlah pembatasan produksi , maka harga minyak melambung kembali.

Berbagai faktor penggerak di pekan ini adalah :

  1. Rabu,15 Februari 2017 , di pagi hari akan dikeluarkan laporan dari API (American Petroleum Institute) tentang persediaan minyak dari sisi industri.
  2. Rabu.15 Februari 2017 , pukul 22:30, laporan EIA (Energy Information Aministration) tentang persediaan Minyak Mentah Amerika Serikat.
  3. Jumat,17 Februari 2017, Baker Hughes akan merilis data mingguan rig yang beroperasi aktif di wilayah Amerika serikat, Kanada dan Internasional.

(Dwi Aviono)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search