Maket Movers: Pasar Menanti Kepastian Kebijakan Produksi OPEC

Maket Movers: Pasar Menanti Kepastian Kebijakan Produksi OPEC

Kamis, 06 Desember 2018 08:47:16 WIB

Pada hari ini OPEC akan mengadakan pertemuan di Austria untuk membahas mengenai rencana pemangkasan produksi yang akan dimulai tahun 2019.

Sejak produksi minyak di AS melonjak hingga mencapai rekor tertingginya sepanjang masa dan outlook melambatnya perekonomian global yang berdampak pada berkurangnya permintaan akan minyak, OPEC sudah memberikan outlook pemangkasan produksi 1,2 hingga 1,4 juta barel per hari yang akan dimulai tahun 2019. Ini dilakukan untuk menyeimbangkan suplai dan permintaan.

Rilis data tenaga kerja versi ADP yang sempat tertunda karena hari berkabung, pada hari ini akan dirilis. Dollar berpotensi melemah jika data menunjukan penambahan tenaga kerja yang lebih sedikit dari estimasi. Ada pula rilis data non-manufaktur yang akan menjadi penggerak dollar selanjutnya.



Potensi Pergerakan

Emas
Penguatan harga emas belum mampu menembus ke atas level 1240 hingga perdagangan sesi Asia hari ini. Jika serangkaian data AS dirilis lebih rendah dan menekan dollar, penguatan selanjutnya akan mengincar 1247. Selama belum mampu menembus level 1240, harga emas masih akan cenderung melemah ke support 1230. Itu pun jika mampu konsisten menembus bergerak di bawah 1238.

Minyak Mentah
Sudah mulai menjauh dari level terendah tahun 2018, penguatan harga minyak berpeluang mengincar level 55.00 jika mampu menembus 54.00. Support di level 51.60.

EURUSD
Minim rilis data dari zona euro, pergerakan EURUSD akan bergantung pada pergerakan dollar. Jika dollar mendapat sentimen negatif dari rilis data, peluang penguatan EURUSD akan menguji 1.1370 sebelum mengincar 1.1400. Sebaliknya, potensi pelemahan dengan support terdekat di 1.1320 sebelum mengincar 1.1300.

GBPUSD
GBPUSD berpotensi masih dalam kecenderungan melemah di tengah masih adanya kekhawatiran tentang proposal Brexit yang diperkirakan ditolak oleh Parlemen Inggris. Potensi pelemahan akan menguji support 1.2700 sebelum mengincar 1.2680. Resisten di 1.2760.

USDJPY
Di awal perdagangan hari ini yen mendapat sentimen positif dari komentar Gubernur BoJ Kuroda yang mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi sudah mulai naik secara bertahap dan masih optimis bahwa perekonomian sudah dalam lajur yang tepat untuk mencapai target inflasi 2%. USDJPY berpotensi lanjut untuk turun jika mampu konsisten bergerak di bawah 112.80 mengincar 112.55. Resisten di level 113.20.

AUDUSD
Data penjualan ritel Australia yang dirilis sesuai estimasi dan lebih baik dari sebelumnya tidak mampu menjadi sentimen penguatan AUDUSD di awal perdagangan hari ini. Tampaknya, sentimen risk aversion investor karena kekhawatiran dari hubungan dagang AS-China masih menjadi sentimen negatif. Potensi pelemahan selanjutnya akan menguji level psikologis 0.7200 dan resisten di level 0.7275.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search