Market Mover: Brexit, GDP, dan Produksi Manufaktur Berpeluang Menambah Volatilitas GBPUSD

Market Mover: Brexit, GDP, dan Produksi Manufaktur Berpeluang Menambah Volatilitas GBPUSD

Rabu, 10 Oktober 2018 08:44:31 WIB

Poundsterling mendapat sentimen positif setelah adanya laporan bahwa Inggris dan Uni Eropa akan dijadwalkan bertemu November nanti untuk menyepakati hubungan dagang pasca Brexit. Laporan tersebut menunjukkan adanya kemajuan terkait negosiasi Brexit yang selama ini kerap membebani pergerakan GBPUSD. Meski begitu, permasalahan di perbatasan Irlandia diketahui masih menjadi perhatian selanjutnya.

Data pertumbuhan GDP dan indeks produksi manufaktur yang akan dirilis pukul 15.30 WIB nanti akan menjadi fokus dan penggerak GBPUSD selanjutnya. Jika dirlis lebih tinggi dari estimasi, maka GBPUSD berpeluang lanjutkan penguatannya.

Dari AS, Presiden Trump kembali mengomentari kebijakan The Fed yang dianggap terlalu agresif menaikkan suku bunga. Jika komentar ini menjadi sentimen pelemahan dollar, maka harga emas dan mata uang utama lainnya berpeluang menguat. Fokus utama pada rilis data PPI dan core PPI pukul 19.30 WIB.

Potensi Pergerakan

Emas
Penguatan harga emas perlu menembus resisten 1194 dulu untuk selanjutnya mengincar area resisten kuat di 1197. Potensi pelemahan harga emas masih ada jika data PPI AS dirilis lebih tinggi dari estimasi dengan support terdekat di area 1186 - 1184.

Minyak Mentah
Harga minyak mendapat katalis positif setelah adanya laporan bahwa ekspor minyak Iran sudah turun bahkan sebelum sanksi yang diberikan AS diberlakukan. Selain itu kekhawatiran badai yang akan mengganggu output dari teluk AS berpotensi menjadi sentimen penguatan harga minyak. Peluang penguatan harga minyak mengincar level 75.75 dengan support terdekat di area 74.30 - 74.00.

EURUSD
Perdebatan yang terjadi antara pemerintah Italia dan Komisi Eropa berpotensi masih membebani pergerakan EURUSD. Jika dollar mendapat sentimen positif dari data PPI, maka pelemahan EURUSD mengincar level 1.1435 jika support 1.1460 berhasil di tembus. Peluang arah berbalik menguat menguji resisten terdekat 1.1550.

GBPUSD
Peluang penguatan GBPUSD selanjutnya mengincar resisten 1.3240 jika serangkaian data ekonomi Inggris dirilis lebih tinggi dari estimasi. Support terdekat di 1.3120.

USDJPY
Jika bursa saham belum memperlihatkan penguatan, USDJPY tampaknya masih akan terbebani. Selama bergerak di bawah resisten 113.30, penurunan USDJPY selanjutnya mengincar level 112.10.

AUDUSD
Stabilnya mata uang yuan turut menjadi sentimen positif untuk AUDUSD pada perdagangan kemarin. Jika berlanjut dan harga komoditas utama Australia menguat, maka AUDUSD berpeluang menguat mengincar resisten 0.7160. Potensi arah berbalik ke support 0.7080.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

Dini Nurhadi Yasyi


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search