Market Mover: Data China Berpotensi Merahkan Pasar Ekuitas

Market Mover: Data China Berpotensi Merahkan Pasar Ekuitas

Senin, 02 November 2015 11:06:05 WIB

Monexnews - Pasar ekuitas pada hari ini berpotensi melemah setelah kita disuguhi dua data manufaktur dari China baik dari versi pemerintah pada hari Minggu maupun dari swasta (Caixin) pada Senin Pagi yang keduanya masih berada di bawah level 50 yang membedakan antara kontraksi dan ekspansi.

Untuk pasar mata uang, mata uang komoditas seperti

dollar Australia, Selandia Baru dan Kanada berpotensi dapatkan tekanan turun lebih lanjut karena data China yang pesimis menyebabkan pelemahan di sektor komoditas seperti minyak yang merupakan sumber daya andalan suatu negara. Mata uang pound sterling pada sore hari ini masih berpotensi menguat walaupun diprediksi data PMI manufaktur dari Inggris turun tipis menjadi 51.3 di bulan Oktober dari 51.5 pada peridode sebelumnya, karena level tersebut masih menunjukkan adanya ekspansi di negeri ratu Elisabeth. Dan untuk dollar AS juga masih berpotensi lanjutkan penguatannya pada malam nanti karena data ISM manufaktur PMI yang akan dirilis pada pukul 22:00 WIB akan berada di level 50.0 untuk bulan Oktober, dari periode sebelumnya 50.2, walaupun diproyeksi mengalami penurunan, namun selama level masih dikisaran 50, itu masih menunjukkan sisi positif untuk ekonomi AS.

Untuk komoditas, harga emas dan minyak berpotensi dapatkan tekanan karena China yang merupakan konsumen emas terbesar di dunia dan konsumen minyak terbesar kedua di dunia menunjukkan kondisi ekonomi yang masih pesmis walaupun Beijing sudah menggelontorkan serangkaian langkah stimulus untuk menopang perekonomian mereka. Harga emas dan minyak juga berpotensi melemah lebih lanjut jika kita melihat penguatan pada greenback yang berpotensi terjadi pada malam nanti. Jika dollar menguat, biasanya emas dan minyak akan semakin tertekan karena harga mereka akan menjadi lebih mahal untuk pemegang mata uang lain dan menyebabkan rendahnya permintaan.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search