Market Mover: Data Pertumbuhan China Berpotensi Picu Volatilitas Pasar

Market Mover: Data Pertumbuhan China Berpotensi Picu Volatilitas Pasar

Senin, 21 Januari 2019 08:38:24 WIB

Data pertumbuhan produksi domestik bruto (PDB) China diekspektasikan akan melambat di angka 6,4%. Jika benar, maka hal ini akan memicu sentimen pasar. Pasalnya, di tengah harapan positif dari negosiasi dagang antara AS-China yang akan berlanjut, kekhawatiran perlambatan ekonomi di China sebelumnya sempat mendominasi sentimen pasar. Dampak dari perang dagang antara AS-China masih disebut sebagai alasan utama.

Selain itu, data PDB China juga berpotensi memicu pergerakan harga minyak. Jika benar adanya perlambatan, maka ini bisa menjadi katalis negatif untuk harga minyak karena outlook melambatnya permintaan.



Potensi Pergerakan

Emas
Jika kekhawatiran akan perlambatan ekonomi China mendominasi, potensi penguatan harga emas ke level tersebut perlu menembus konsisten di atas 1286 sebelum mengincar area 1292. Support di level 1277.

Minyak Mentah
OPEC yang melaporkan bahwa produksi dari 14 negara produsen sudah turun secara signifikan, dimana program pemangkasan output memang sudah dijalankan sejak Januari 2019. Hal ini berpeluang topang kenaikan harga minyak ke 55.10 jika mampu konsisten bergerak di atas 54.40. Sebaliknya, jika kekhawatiran perlambatan ekonomi China kembali menjadi sentimen, potensi harga turun ke 52.70.

EURUSD
EURUSD berpeluang menguat terbatas selama harga konsisten bergerak di atas 1.1345 untuk mengincar area resisten 1.1400. Support di level 1.1320.

GBPUSD
Hari ini adalah tenggat waktu bagi Perdana Menteri Theresa May untuk mengatakan Plan B setelah proposal kesepakatan awal ditolak oleh parlemen. Sentimen negatif tersebut berpotensi tekan GBPUSD 1.2800 jika mampu menembus konsisten ke bawah 1.2835. Resisten di area 1.2900.

USDJPY
Permintaan terhadap yen sebagai safe haven berpotensi kembali meningkat jika rilis data PDB China mendominasi sentimen pasar. Jika mampu konsisten bergerak di bawah 109.50, potensi turun lebih lanjut ke 109.20. Resisten terdekat di level 109.90.

AUDUSD
Data PDB China akan menjadi katalis penggerak. Potensi turun menguji level 0.7135 sebelum mengincar 0.7110. Resisten terdekat di level 0.7185.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search