Market Mover: Dollar Berpotensi Lanjutkan Pelemahan pada Data Penjualan Ritel

Market Mover: Dollar Berpotensi Lanjutkan Pelemahan pada Data Penjualan Ritel

Jum'at, 14 September 2018 08:59:19 WIB

Pada sesi sebelumnya, dollar kembali mendapat katalis negatif setelah data inflasi AS dirilis stagnan di angka 0,2% dengan ekspektasi di angka 0,3%. Hari ini pergerakan dollar kembali diuji pada rilis data penjualan ritel bulanan AS. Jika data ini kembali dirilis lebih rendah dari estimasi, maka dollar berpotensi kembali melemah.

Potensi Pergerakan

Emas
Di tengah melemahnya dollar, harga emas memang belum mampu menembus jauh ke atas area resisten kuat di 1206 - 1208. Hingga hari ini harga emas masih berpotensi konsolidasi di area tersebut. Jika mampu menembus ke atas area tersebut, maka penguatan berpeluang mengincar area 1212. Support di area 1197 - 1199.

Minyak Mentah
Harga minyak mentah melemah tajam setelah kemarin International Energy Agency (IEA) memperingatkan tentang masalah perekonomian global yang berdampak pada berkurangnya permintaan. Terutama di negara-negara emerging market dan negara-negara yang sedang krisis. Sentimen tersebut berpotensi masih menekan harga minyak ke level 67.00 selama harga belum mampu menembus ke atas resisten 69.40.

EURUSD
Memanfaatkan pelemahan dollar, EURUSD membukukan penguatan selama sepekan ini. Jika katalis tersebut berlanjut, maka penguatan selanjutnya menguji resisten terdekat di 1.1730 sebelum mengincar 1.1780. Namun peluang pelemahan pun masih ada setelah kemarin European Central Bank (ECB) memberikan sinyal terkait pembelian obligasi yang dipertimbangkan untuk menopang inflasi. Potensi pelemahan mengincar support 1.1620.

GBPUSD
Meski kemarin Bank of England (BoE) kembali mengkhawatirkan tentang dampak Brexit, pelemahan dollar juga berhasil menopang GBPUSD. Jika pelemahan dollar mendominasi sentimen penggerak pasar, maka GBPUSD berpeluang lanjutkan penguatan mengincar resisten terdekat di 1.3155 sebelum mengincar 1.3200. Potensi arah berbalik melemah mengincar level support 1.3030.

USDJPY
Pergerakan pasangan ini masih berpotensi dalam sentimen bagaimana risk appetite investor terhadap aset berisiko. Melihat pasar ekuitas AS dan Asia yang menguat, USDJPY berpeluang melanjutkan kenaikan jika mampu menembus ke atas level psikologis 112.00. Selama level tersebut belum mampu ditembus, maka USDJPY ada kecenderungan untuk terkoreksi ke support terdekat di 111.60 sebelum mengincar 111.30.

AUDUSD
Berita mengenai akan bertemunya kembali AS-China terkait hubungan dagang, telah direspon positif oleh investor dan berhasil menopang AUDUSD untuk keluar dari level terendah tahunannya. Penguatan lebih lanjut masih menguji area resisten 0.7225. Support di area 0.7145.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


Dini Nurhadi Yasyi


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search