Market Mover: Data PPI Berpotensi Menguatkan Dollar

Market Mover: Data PPI Berpotensi Menguatkan Dollar

Rabu, 12 September 2018 08:51:21 WIB

Pada hari ini para pelaku pasar akan fokus pada rilis data indeks harga konsumen (PPI) AS pukul 19.30 WIB nanti. Data ini juga berpotensi akan menggerakkan harga emas yang selama ini belum mampu kembali bangkit untuk melewati level psikologis $1200. Jika data PPI tersebut dirilis lebih baik dari 0,2%, maka dollar punya potensi untuk menguat kembali dan harga emas tampaknya belum akan menguat.

Energy Information Administration (EIA) kembali akan merilis laporan suplai minyak di AS. Semalam harga minyak menguat hingga lebih dari 3% setelah adanya ancaman badai besar - yang diperkirakan paling buruk - yang berdampak pada terganggunya suplai di kawasan North Carolina dan South Carolina.

Potensi Pergerakan

Emas
Penguatan harga emas tampaknya perlu konsisten bergerak di atas 1197 - 1198 untuk bisa bangkit ke atas 1200. Jika dollar kembali mendapat momentum penguatan dari rilis data PPI, maka pelemahan harga emas kembali mengincar support 1190 - 1189.

Minyak Mentah
Selama bergerak di atas support 69.15, penguatan harga minyak mentah berpeluang mengincar resisten 71.40 yang merupakan level tertinggi di bulan ini.

EURUSD
Euro sempat mendapat sentimen positif dari kabar bahwa Italia akan mengurangi hutang pada anggaran 2019, namun sentimen tersebut tampaknya belum bisa menahan penguatan EURUSD. Jika indeks dollar kembali menguat dan mendominasi pergerakan, maka pelemahan EURUSD lebih lanjut mengincar 1.1545. Resisten terdekat di level 1.1625.

GBPUSD
GBPUSD berpotensi mendapat tekanan pada hari ini setelah kemarin data tenaga kerja Inggris dirilis variatif. Pelemahan GBPUSD berpotensi mengincar support 1.2940 selama resisten terdekat di level 1.3050 tidak mampu ditembus.

USDJPY
Menguatnya pasar ekuitas telah menopang kenaikan USDJPY dan membukukan rally selama tiga hari beruntun. Jika rilis data PPI kembali menjadi katalis positif bagi dollar, maka kenaikan USDJPY berpotensi berlanjut untuk mengincar resisten terdekat di 111.75. Support terlihat di level 111.30.

AUDUSD
Pasca buruknya data indeks keyakinan konsumen di Australia, AUDUSD belum mampu keluar dari area level terendah sejak Februari 2016. Isu perang dagang nampaknya masih akan menekan pasangan ini. Jika mampu menembus ke bawah 0.7090, maka pelemahan lebih lanjut mengincar level 0.7065. Resisten terdekat di level 0.7130.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

Dini Nurhadi Yasyi


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search