Market Mover: Volatilitas Pasar Berpotensi Meningkat pada Kebijakan BoE, ECB, dan Data Inflasi AS

Market Mover: Volatilitas Pasar Berpotensi Meningkat pada Kebijakan BoE, ECB, dan Data Inflasi AS

Kamis, 13 September 2018 08:59:54 WIB

Setelah dollar AS kembali mendapat sentimen negatif dari rilis data indeks harga konsumen (PPI) yang mengecewakan dan bertambahnya jumlah tenaga kerja Australia yang menjadi sentimen positif untuk dollar Australia, hari ini pasar berpotensi akan bergerak dalam volatilitas tinggi. Banyaknya data penting yang akan menjadi fokus pasar, antara lain pengumuman kebijakan moneter Bank of England (BoE), pengumuman kebijakan moneter European Central Bank (ECB), dan data inflasi AS.

Masing-masing perilisan data tersebut akan menggerakan mata uang utama khususnya poundsterling, euro, dan dollar AS.

Potensi Pergerakan

Emas
Harga emas kembali pulih hingga menembus ke atas 1200 setelah data PPI AS dirilis lebih buruk dari estimasi. Jika data inflasi AS kembali dirilis lebih buruk, maka harga emas berpeluang lanjutkan penguatannya. Menguji resisten terdekat di 1208 dan jika mampu bergerak di atas level tersebut, penguatan selanjutnya mengincar area 1215. Support di area 1200.

Minyak Mentah
Laporan EIA yang memperlihatkan berkurangnya suplai minyak melebihi ekspektasi diperkirakan masih akan menopang harga minyak. Terlebih mengingat bahwa sanksi AS kepada Iran dan badai di daerah Carolina turut mengancam persediaan minyak global. Penguatan harga minyak kini menguji resisten di 71.00. Tembus level tersebut, penguatan selanjutnya mengincar 72.60. Support di area 69.00.

EURUSD
Para analis memperkirakan bahwa ECB mungkin saja akan memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Zona Euro. Jika benar atau ECB kembali mengambil kebijakan dovish, maka EURUSD berpotensi melemah menguji kembali level psikologis 1.1600. Peluang menguat bisa datang dari pelemahan dollar jika data inflasi AS buruk, penguatan menguji resisten 1.1685.

GBPUSD
Pasca adanya outlook positif terkait Brexit, pengumuman kebijakan moneter BoE akan menguji ketahanan GBPUSD. Jika BoE optimis akan perekonomian Inggris pasca Brexit, maka penguatan GBPUSD mengincar resisten 1.3110. Potensi arah berbalik dengan support di level 1.3000.

USDJPY
Di awal perdagangan hari ini, USDJPY sudah naik hingga menyentuh resisten 111.40. Jika tidak mampu menembus ke atas level tersebut, maka USDJPY berpotensi turun mengincar level 110.90. Seiring dengan mulai terkoreksinya dollar karena belum meredanya hubungan dagang yang memanas antara AS dan negara mitra dagangnya (China dan Kanada). Resisten selanjutnya di area 111.70.

AUDUSD
Rilis data tenaga kerja Australia yang lebih baik pukul 8.30 WIB tadi telah menopang AUDUSD hingga hampir menyentuh resisten 0.7200. Jika mampu bergerak di atas level tersebut, maka penguatan selanjutnya mengincar area 0.7235. Mengingat pasangan mata uang ini sempat mendapat sentimen positif dari kabar bahwa AS kembali meminta untuk bertemu dengan China yang diperkirakan masih akan membicarakan tentang hubungan dagang mereka. Support di area 0.7150.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


Dini Nurhadi Yasyi


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search