Market Movers : CPI Inggris Dan Minutes FOMC Menjadi Fokus Investor Hari Ini

Market Movers : CPI Inggris Dan Minutes FOMC Menjadi Fokus Investor Hari Ini

Rabu, 17 Oktober 2018 08:35:59 WIB

Perilisan minutes pertemuan terakhir FOMC pada pukul 01.00 WIB tengah malam nanti akan menjadi fokus investor pada hari ini di tengah mereka menantikan petunjuk terhadap kebijakan moneter bank sentral AS setelah dalam pertemuan terakhir mereka indikasikan masih di jalur untuk kenaikan suku bunga selanjutnya.

Selain itu perilisan data CPI Inggris pukul 15.30 WIB berpotensi akan menggerakan GBPUSD di tengah kekhawatiran pasar untuk tidak tercapainya kesepakatan Brexit di pekan ini. Untuk trader minyak akan menantikan data cadangan minyak mentah dari Energy Information Administration (EIA) pukul 21.30 WIB untuk petunjuk jumlah permintaan di AS setelah pada akhir perdagangan hari Selasa American Petroleum Institute (API) melaporkan penurunan cadangan minyak mentah AS.

Potensi pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang terkoreksi dalam jangka pendek untuk mengincar support di $1220 - $1217 karena pulihnya sentimen risk appetite dan menguatnya dollar AS menjelang perilisan minutes FOMC. Namun jika minutes menunjukkan indikasi sikap dovish The Fed, harga emas berpotensi untuk berbalik naik membidik resisten di $1230 - $1235.

Minyak

Perilisan data cadangan dari API semalam berpeluang menopang kenaikan harga minyak mentah dalam jangka pendek di tengah kekhawatiran akan suplai dibalik outlook sanksi Iran dan ketegangan Arab Saudi dan AS untuk menguji level resisten di $72.60 - $73.00. Namun, jika data EIA nanti malam menunjukkan kenaikan cadangan, harga minyak berpeluang untuk bergerak turun membidik support di $71.80 - $71.50.

EURUSD

EURUSD berpotensi melemah dalam jangka pendek seiring masih adanya kekhawatiran terhadap perselisihan antara Italia dan Uni Eropa terhadap defisit anggaran dengan mengincar support di 1.1530 - 1.1500. EURUSD berpotensi untuk bergerak naik jika data CPI zona Euro pukul 16.00 WIB dirilis lebih tinggi dari ekspektasi dengan mengincar resisten di 1.1620 - 1.1650.

GBPUSD

Khawatiran pasar untuk tidak tercapainya kesepakatan Brexit di pekan ini berpeluang memicu pelemahan GBPUSD dalam jangka pendek untuk membidik support di 1.3140 - 1.3120. Namun, perilisan data CPI Inggris yang optimis pukul 15.30 WIB berpotensi menjadi angin segar untuk GBPUSD, berpotensi naik mengincar resisten di 1.3220 - 1.3250.

USDJPY

Menguatya pasar saham yang menunjukkan pasar mulai beralih ke aset berisiko berpeluang mendorong naik USDJPY dalam jangka pendek untuk mengincar resisten di 112.60 - 113.00. USDJPY berpeluang berbalik turun jika pasar khawatirkan perkembangan politik di Uni Eropa dengan membidik support di 112.00 - 111.60.

AUDUSD

Pesimisnya pernyataan RBA Debelle serta data indeks Leading MI Australia tadi pagi berpotensi menjadi beban jangka pendek bagi pergerakan AUDUSD untuk mengincar support di 0.7100. Sementara itu untuk sisi atasnya level resisten terlihat di 0.7180 jika pasar mempertimbangkan menguatnya aset berisiko.



Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar
(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search