Market Movers : Pergerakan Dollar Akan Menjadi Katalis Pasar di Awal Pekan

Market Movers : Pergerakan Dollar Akan Menjadi Katalis Pasar di Awal Pekan

Senin, 12 November 2018 08:32:48 WIB
Pergerakan dollar AS yang solid akhir-akhir ini karena outlook kenaikan suku bunga AS dan data ekonomi AS yang optimis berpotensi akan menggerakan pasar mata uang di awal pekan di tengah minimnya data ekonomi penting pada hari ini.

Selain itu penggerak lainnya juga bisa datang dari sentimen ketidakpastian Brexit setelah pengunduran diri Menteri Luar Negeri Boris Jhonson yang membatasi harapan untuk terjadinya kesepakatan Brexit jangka pendek



Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpotensi lanjutkan pelemahannya sejak pekan lalu di hari ini di tengah sentimen menguatnya dollar AS karena outlook kenaikan suku bunga AS dengan menguji level support terdekat di $1205 - $1203. Sementara itu jika harga bergerak naik, level resisten terlihat di $1213 - $1215.

Minyak

Harga minyak berpeluang bergerak naik dalam jangka pendek setelah Arab Saudi mengatakan bahwa mereka akan pangkas suplai di bulan Desember dengan menguji level resisten di $61.30 - $61.50. Namun, harga minyak juga berpotensi bergerak turun jika pasar mempertimbangkan kenaikan aktivitas rig dalam laporan Baker Hughes di akhir pekan lalu untuk membidik support di $60.30 - $60.00.

EURUSD

Sentimen menguatnya dollar AS dan memburuknya hubunga antara Italia dan Uni eropa setelah Menteri Giovanni Tria mengatakan tidak akan merubah kebijakan fiskal mereka berpotensi bebani EURUSD lebih dalam lagi untuk membidik support di 1.1280 - 1.1250. Namun, EURUSD berpeluang dapatkan katalis positif jika data produksi manufaktur Italia yang dirilis pukul 17:00 WIB hasilnya lebih baik dari estimasi untuk menguji level resisten di 1.1360 - 1.1390.

GBPUSD

Memburuknya harapan pasar untuk tercapainya kesepakatan Brexit setelah pengunduran menteri Brexit Jo Jhonson berpotensi akan memicu penurunan GBPUSD lebih lanjut untuk membidik support di 1.2885 - 1.2850. Sementara itu jika harga bergerak naik, level resisten terlihat di 1.2975 - 1.3000.

USDJPY

Pergerakan USDJPY berpotensi untuk bergerak turun dalam jangka pendek jika sentimen risk aversion masih berjalan dengan kejatuhan pasar saham dengan menargetkan support di 113.40. Namun, jika sentimen penguatan dollar mendominasi pergerakan pasar, USDJPY berpeluang untuk bergerak naik mengincar ke area 114.20.

AUDUSD

Dengan sentimen risk aversion, menguatnya dollar AS dan ketidakpastian hubungan dagang antara Washington dan Beijing berpeluang menjadi beban bagi pergerakan AUDUSD dalam jangka pendek dengan menguji level support di 0.7200 - 0.7180. Sementara itu jika harga bergerak naik, level resisten terlihat di 0.7250 - 0.7270.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search