Market Movers : Data Ekonomi China Berpotensi Memicu Pergerakan Pasar Pagi Ini

Market Movers : Data Ekonomi China Berpotensi Memicu Pergerakan Pasar Pagi Ini

Jum'at, 19 Oktober 2018 08:26:18 WIB

Pagi ini fokus investor akan tertuju pada sejumlah data ekonomi China seperti GDP, investasi aset tetap, produksi industri yang dirilis berbarengan pukul 9.00 WIB yang berpotensi akan menggerakan AUDUSD, XAUUSD dan indeks Hang Seng di tengah semakin memanasnya hubungan dagang antara AS dengan Tiongkok setelah adanya dugaan manipulasi mata uang yuan dari Washington.

Selanjutnya, di siang hari fokus akan tertuju pada pidaro Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda untuk petunjuk langkah bank sentral Jepang di masa mendatang. Sementara itu di sesi AS, perilisan data inflasi dan penjualan inti Kanada berpotensi menggerakan USDCAD sebelum akhirnya akan tertuju pada anggota FOMC Bostic untuk penggerak XAUUSD dan pidato Gubernur BOE Mark Carney untuk penggerak GBPUSD.


Potensi pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang melemah dalam jangka pendek, khususnya jika data ekonomi China dirilis pesimis di tengah sentimen menguatnya dollar dan yiedl Treasury AS dengan menguji level support di $1220 - $1216. Namun, harga emas berpeluang untuk berbalik naik jika FOMC Bostic dalam pidatonya berikan pandangan yang dovish dengan membidik level resisten di $1230 - $1235.

Minyak

Sentimen kenaikan cadangan minyak mentah AS dalam laporan EIA dan kebimbangan investor karena masih tingginya nilai ekspor minyak Iran berpeluang mendorong turun harga minyak dalam jangka pendek untuk membidik level support di $68.30 - $68.00. Sementara itu jika harga naik, level resisten harga minyak terlihat di $69.20 - $69.50.

EURUSD

EURUSD masih berpotensi lanjutkan pelemahannya sejak tiga sesi terakhir di tengah masih berlangsungnya ketegangan antara Uni Eropa dengan Italia terkait defisit anggaran yang dapat mendorong harga untuk menguji level support di 1.1430 - 1.1400. Sementara itu jika harga bergerak naik, level resisten terlihat di 1.1480 - 1.1500.

GBPUSD

Sama seperti EURUSD, GBPUSD berpeluang memperdalam penurunannya seiring pesimisnya data ekonomi Inggris akhir-akhir ini serta masih adanya sentimen ketidakpastian Brexit di tengah PM May hadapai tekanan politik dari partainya untuk menguji level support di 1.2980 - 1.2950. Jika bergerak naik, level resisten terlihat di 1.3060 - 1.3080.

USDJPY

Sentimen risk aversion di tengah kejatuhan pasar saham berpeluang memicu pelemahan USDJPY dalam jangka pendek untuk menguji level support di 111.80 - 111.50. Namun, di tengah sentimen menguatnya dollar AS, USDJPY berpeluang bergerak naik untuk membidik level resisten di 112.60 - 113.00.

AUDUSD

AUDUSD berpeluang memperburuk pelemahannya di tengah menguatnya dollar AS dan sentimen risk aversion, khususnya jika data ekonomi China dirilis pesimis dengan menguji level support di 0.7060 - 0.7040. Namun jika data China dirilis optimis, AUDUSD berpeluang naik untuk membidik level resisten di 0.7140 - 0.7150.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar
(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search