Market Movers : Data Ekonomi Tiongkok Akan Menjadi Penggerak Pasar di Awal Pekan ini

Market Movers : Data Ekonomi Tiongkok Akan Menjadi Penggerak Pasar di Awal Pekan ini

Senin, 15 Juli 2019 08:56:52 WIB
Perilisan data ekonomi Tiongkok seperti GDP dan produksi industri yang dijadwalkan pukul 9:00 WIB berpotensi akan menjadi penggerak pasar pada awal perdagangan hari Senin di tengah kekhawatiran pasar atas belum adanya progres negosiasi dagang antara AS dengan Tiongkok serta potensi perlambatan ekonomi global.

Selanjutnya perhatian pasar akan tertuju pada pidato anggota FOMC Jhon Williams yang dijadwalkan pukul 19:50 WIB. Jika dia berikan pandangan yang memperkuat peluang pengurangan suku bunga AS pada akhir bulan ini, berpotensi menekan turun dollar AS.


Video Market Movers hari Ini



Potensi Pergerakan

EMAS

Harga emas berpeluang bergerak turun dalam jangka pendek, khususnya jika data ekonomi Tiongkok dirilis lebih rendah dari estimasi untuk menguji level support di $1410 - $1405. Namun, jika bergerak naik, level resisten terlihat di $1418 - $1423 dengan fokus selanjutnya pada pidato anggota FOMC Williams.

MINYAK

Turunnya aktivitas rig AS dalam laporan Baker Hughes di akhir pekan lalu serta terpangkasnya produksi AS di Teluk Meksiko karena badai Barry berpotensi menopang kenaikan harga minyak dalam jangka pendek untuk menguji resisten di $60.60 - $61.20. Namun, jika pasar mempertimbangkan pernyataan dari International Energy Agency yang mengatakan bahwa produksi minyak AS akan lebih tinggi dari permintaan untuk 9-bulan kedepan berpotensi memicu penurunan harga minyak untuk menguji support di $59.80 - $59.30.

EURUSD

EURUSD berpeluang bergerak naik dalam jangka pendek di tengah tren melemahnya dollar AS serta optimisnya data produksi industri zona Euro pada pekan lalu yang meredakan kekhawatiran perlambatan ekonomi di kawasan tersebut untuk menguji level resisten di 1.1300 - 1.1350. Jika bergerak turun, level support terdekat berada di 1.1240 - 1.1190.

GBPUSD

Tren pelemahan dollar AS berpeluang menopang kenaikan GBPUSD dalam jangka pendek untuk menguji level resisten di 1.2600 - 1.2650. Namun, jika pasar kembali mencemaskan ketidakpastian Brexit berpeluang mendorong penurunan GBPUSD untuk mengincar support di 1.2540 - 1.2490.

USDJPY

Outlook melemahnya dollar AS dan kekhawatiran perlambatan ekonomi yang memicu permintaan terhadap aset safe haven berpotensi mendorong penurunan USDJPY dalam jangka pendek untuk menguji support di 107.60 - 107.10. Jika bergerak naik, level resisten berada di 108.20 - 108.70.

AUDUSD

AUDUSD berpeluang bergerak turun dalam jangka pendek jika data ekonokmi Tiongkok dirilis lebih pesimis dari estimasi untuk menguji support di 0.6990 - 0.6940. Namun, jika data dirilis optimis berpeluang mendorong naik AUDUSD untuk mengincar resisten di 0.7050 - 0.7100 di tengah sentimen pelemahan dollar AS.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search