Market Movers : Meredanya Tensi Dagang AS-Tiongkok Dan Data Manufaktur Sejumlah Negara Maju Akan Menjadi Katalis di Awal Pekan

Market Movers : Meredanya Tensi Dagang AS-Tiongkok Dan Data Manufaktur Sejumlah Negara Maju Akan Menjadi Katalis di Awal Pekan

Senin, 02 September 2019 09:28:04 WIB
Meredanya tensi dagang antara AS dengan Tiongkok berpotensi akan menjadi katalis pasar pada awal perdagangan pekan ini di tengah liburnya pasar keuangan di Amerika Serikat dalam memperingati hari buruh

Pada hari ini, Senin (29/2), para pelaku pasar akan menantikan sejumlah data indeks manufaktur dari beberapa negara maju untuk indikator perekonomian global seperti dari Tiongkok, Jepang, Spanyol, Swiss, Italia, Perancis, Jerman, zona Euro dan Inggris.

Video Market Movers Hari Ini



Potensi Pergerakan

EMAS


Harga emas berpeluang bergerak turun dalam jangka pendek seiring menguatnya dollar AS dibalik optimisme menjelang negosiasi dagang antara AS dengan Tiongkok serta kekhawatiran akan ekonomi Tiongkok setelah data indeks manufaktur versi pemerintah yang dirilis hari Sabtu lalu menunjukkan sedang berkontraksi. Untuk sisi bawahnya level support terlihat di area $1525 - $1520. Sementara itu jika bergerak naik, level resisten berada di $1534 - $1539.

MINYAK

Perilisan data dari Baker Hughes yang menunjukan aktivitas rig AS kembali turun berpeluang menopang kenaikan harga minyak dalam jangka pendek untuk menguji level resisten di $55.20 - $55.70. Jika bergerak turun, level support harga minyak terlihat di area $54.40 - $53.90.

EURUSD

Pesimisnya data ekonomi di kawasan zona Euro, khususnya dari Jerman, meningkatkan spekulasi untuk adanya pelonggaran moneter oleh ECB dibulan ini dan berpeluang memicu penurunan EURUSD dalam jangka pendek untuk menguji level support di 1.0960 - 1.0920. Jika bergerak naik level resisten berada di 1.1020 - 1.1060. dengan hari ini para pelaku pasar akan memperhatikan data manufaktur dari sejumlah negara di zona Euro.

GBPUSD

Masih adanya kekhawatiran terhadap potensi hard Brexit setelah saling adu argumen antara pemerintah dengan sejumlah oposisi di parlemen Inggris berpotensi memicu penurunan GBPUSD dalam jangka pendek untuk menguji level support di 1.2120 - 1.2070. Jika bergerak naik, level resisten terlihat di 1.2190 - 1.2240.

USDJPY

Perilisan data manufaktur Jepang yang pesimis pagi ini serta meredanya tensi dagang antara AS dengan Tiongkok berpeluang menopang kenaikan USDJPY dalam jangka pendek untuk mengincar resisten di 106.50 107.00. Sebaliknya jika begerak turun, level support berada di 105.80 - 105.30

AUDUSD

Perilisan data manufaktur Tiongkok versi pemerintah yang pesimis pada hari Sabtu lalu berpeluang menjadi sentimen negatif bagi kinerja AUDUSD untuk mengincar support di 0.6690 - 0.6640. Namun, jika pasar mempertimbangkan data manufaktur Tiongkok versi swasta yang optimis dan meredanya tensi dagang antara AS dengan Tiongkok berpeluang menopang kenaikan AUDUSD untuk mengincar resisten di 0.6760 - 0.6810.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar
(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search