Market Movers : Hasil Akhir Negosiasi Dagang AS-China Berpotensi Memicu Volatilitas Pasar

Market Movers : Hasil Akhir Negosiasi Dagang AS-China Berpotensi Memicu Volatilitas Pasar

Selasa, 08 Januari 2019 08:27:54 WIB
Negosiasi dagang antara AS dengan China yang akan memasuki hari kedua (terakhir) akan menyita perhatian pasar keuangan di tengah minimnya data ekonomi penting yang dirilis pada hari ini dengan pasar sebagian besar terlihat optimis akan adanya progres pada pertemuan kali ini.

Fokus lainnya yang berpotensi menjadi movers adalah laporan bahwa Arab Saudi berencana untuk mengurangi eskpor untuk menopang kenaikan harga dan mendukung anggaran mereka, dimana mereka berencana untuk mengurangi eskpor minyak mentah sekitar 800.000 barel per hari dari level November menjadi 7.1 juta barel per hari pada akhir bulan ini.




Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang melanjutkan penguatannya dari sesi sebelumnya di tengah sentimen melemahnya dollar karena data indeks non manufaktur AS yang pesimis semalam serta dovishnya sikap Fed Powell untuk menguji level resisten di $1295 - $1300. Untuk sisi bawahnya, level support terlihat di $1285 - $1280.

Minyak

Harga minyak berpeluang bergerak naik lebih lanjut, mengincar resisten di $49.25 - $49.80 karena sentimen rencana pengurangan ekspor minyak dari Arab Saudi dan meredanya kekhawatiran terhadap ketegangan dagang antara AS dengan China. Untuk sisi bawahnya, level support berada di $48.25 - $47.60.

EURUSD

Penguatan EURUSD berpeluang berlanjut dalam jangka pendek karena sentimen melemahnya dollar AS untuk mengincar resisten di 1.1520 - 1.1570. Untuk sisi bawahnya level support terlihat di 1.1440 - 1.1400. Data ekonomi hari ini yang dapat menggerakan EURUSD dapat datang dari perilisan laporan produksi industri Jerman pukul 14.00 WIB.

GBPUSD

Pernyataan Juru bicara PM May yang mengatakan bahwa tidak ada niat untuk perpanjang pasal 50 dan menegaskan batas akhir Brexit tanggal 29 Maret setelah sebelumnya diberitakan bahwa para pemimpin Inggris sedang menjajak kemungkinan perpanjangan Pasal 50, berpotensi memicu pelemahan GBPUSD jangka pendek untuk menguji support di 1.2740-1.2700. Untuk sisi atasnya level resisten berada di 1.2820 - 1.2860. Data ekonomi yang bisa diperhatikan hari ini adalah laporan Halifax HPI Inggris pukul 15.30 WIB.

USDJPY

USDJPY berpeluang bergerak naik dalam jangka pendek, khususnya jika data kepercayaan konsumen Jepang yang dirilis pukul 12.00 WIB hasilnya kurang menggembirakan dengan menguji level resisten di 109.00 - 109.50. Untuk sisi bawahnya, level support terlihat di area 108.30 - 107.80.

AUDUSD

Perilisan data neraca perdagangan Australia yang lebih rendah dari estimasi berpotensi bebani pergerakan AUDUSD jangka pendek untuk mengincar support di 0.7100 - 0.7060. Namunu, AUDUSD berpeluang berbalik menguat jika pasar mendapatkan katalis dari pelemahan dollar AS dan hasil positif dari negosiasi AS-China.




Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
BERITA TERKAIT
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search