Market Movers : Investor Nantikan Serangkaian Pidato Gubernur Bank Sentral Global

Market Movers : Investor Nantikan Serangkaian Pidato Gubernur Bank Sentral Global

Rabu, 20 Juni 2018 08:52:35 WIB

Di tengah masih memanasnya perang dagang antara AS dan China, tampaknya fokus investor hari ini akan tertuju pada serangkaian pidato dari pejabat bank sentral seperti Gubernur RBA Philip Lowe, Presiden ECB Mario Draghi, Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda dan Ketua Fed Jerome Powell yang berlangsung dalam pertemuan bankir bank sentral di Portugal pada pukul 20:30 WIB.

Data ekonomi penting hari ini yang dapat menggerakan pasar adalah Current Account AS pukul 19:30 WIB, Existing Home Sales AS pukul 21:00 WIB dan Crude Oil Inventories AS pukul 21:30 WIB.

Potensi pergerakan

Emas

Pergerakan harga emas berpeluang volatile pada hari ini di tengah tensi perang dagang AS dan China serta menguatnya dollar AS yang didukung outlook pengetatan moneter The Fed dengan potensi rentang perdagangan terlihat di antara $1265 - $1285. Fokus pasar hari ini tertuju pada serangkaian data ekonomi AS dan pidato ketua Fed Jerome Powell.

Minyak

Harga minyak berpeluang menguat dalam jangka pendek di tengah sentimen turunnya minyak dalam laporan cadangan dari API untuk menguji resisten di $65.00. Namun, harga minyak berpeluang bergerak turun jika investor kembali cemaskan outlook kenaikan produksi OPEC dan sekutunya untuk mengincar support kunci di $64.00.

EURUSD

Sentimen penguatan dollar AS dan konflik politik di Jerman masih akan menghantui pergerakan EURUSD dalam jangka pendek untuk menguji support di 1.1550 - 1.1530. Untuk hari ini fokus investor akan tertuju pada pidato Presiden ECB Draghi pasca dia kemarin berikan pandangan yang dovish terkait kebijakan moneter bank sentral.

GBPUSD

Kekhawatiran terhadap risiko hard Brexit berpeluang mendorong turun GBPUSD dalam jangka pendek di tengah sentimen penguatan dollar AS untuk membidik support di 1.3120. Namun, pasangan mata uang ini berpotensi untuk menguat jika PM May yang hari ini menghadap Parlemen mencapai kata sepakat terkait Brexit yang dapat memicu kenaikan untuk menguji resisten di 1.3220.

USDJPY

Hasil minutes BOJ yang masih menunjukan sikap dovish mereka berpeluang mendorong naik USDJPY dalam jangka pendek untuk menguji resisten di 110.50. Namun dengan masih berlangsungnya ketidakpastian politik dan perang dagang AS, USDJPY berpeluang berbalik melemah untuk membidik support di 109.50.

AUDUSD

Sentimen risiko perang dagang dan pesimisnya data indeks leading Australia berpotensi menjadi katalis negatif bagi pergerakan AUDUSD dalam jangka pendek untuk menguji support di 0.7350. Untuk resisten terdekat terlihat di 0.7430


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Calendar.

(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search