Market Movers : Investor Waspadai Kejutan Hasil Pertemuan OPEC

Market Movers : Investor Waspadai Kejutan Hasil Pertemuan OPEC

Jum'at, 22 Juni 2018 09:08:17 WIB

Hasil pertemuan OPEC pada hari ini akan menjadi fokus utama investor di tengah ekspektasi kenaikan produksi hingga 1 juta barel, yang sejauh ini didukung oleh mayoritas peserta, ucap Menteri minyak Irak.

Selain itu yang dapat memicu pergerakan pasar adalah data manufaktur Jepang pukul 07:30 WIB, Manufaktur Perancis, Jerman dan Zona Euro pukul 14:00 WIB, 14:30 WIB dan 15:00 WIB, inflasi dan penjualan retail Kanada pukul 19:30 WIB dan data manufaktur AS pukul 20:45 WIB.

Potensi pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang melemah pada hari ini meskipun sempat rebound semalam karena tumbangnya dollar AS, di tengah masih adanya sentimen pengetatan moneter oleh Federal Reserve untuk menguji level support di $1262. Namun, dengan munculnya kembali ketidakpastian politik di Italia, harga emas berpeluang untuk menguat mengincar resisten di $1272.

Minyak

Outlook kenaikan produksi minyak oleh peserta OPEC plus yang hasil pertemuannya akan diumumkan hari ini berpeluang memicu pelemahan harga minyak dalam jangka pendek untuk menguji support di $65.30. Namun, harga bisa berbalik menguat jika kenaikan produksi berada di bawah ekspektasi untuk mengincar resisten di $67.00.

EURUSD

EURUSD berpeluang untuk kembali melemah pada hari ini di tengah kembali munculnya sentimen ketidakpastian politik di Italia setelah terpilihnya Alberto Bagnai, ekonom anti euro sebagai pemimpin baru komite keuangan parlemen Italia untuk menguji support di 1.1570 - 1.1550. Namun, EURUSD berpeluang untuk menguat jika data manufaktur dari serangkaian negara zona Euro dirilis optimis menguji resisten di 1.1630 - 1.1650.

GBPUSD

Outlook kenaikan suku bunga Inggris yang menguat untuk bulan Agustus berpotensi menopang kenaikan GBPUSD dalam jangka pendek untuk mengincar resisten di 1.3280 - 1.3300. Namun jika sentimen penguatan dollar kembali berjalan, GBPUSD berpotensi untuk melemah menguji support di 1.3200.

USDJPY

Pulihnya sentimen terhadap aset beresiko berpeluang untuk memicu kenaikan USDJPY dalam jangka pendek untuk mengincar resisten di 110.30 - 110.50. Namun dengan solidnya data manufaktur Jepang berpotensi memicu pelemahan USDJPY untuk membidik support di 109.60.

AUDUSD

Meredanya tensi dagang antara AS dan China berpeluang menopang kenaikan AUDUSD dalam jangka pendek untuk mengincar resisten di 0.7410. Namun, AUDUSD berpeluang melemah jika sentimen penguatan dollar kembali berlaku untuk membidik support di 0.7350.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Calendar.

(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search