Market Movers : Outlook Disahkannya Anggaran Italia Berpotensi Menggerakan EURUSD

Market Movers : Outlook Disahkannya Anggaran Italia Berpotensi Menggerakan EURUSD

Senin, 15 Oktober 2018 09:02:31 WIB

Kekhawatiran atas masalah fiskal Italia berpotensi akan menjadi sorotan pasar di awal pekan ini di tengah rencana pemerintah Italia akan menyetujui anggaran di tahun 2019 pada hari Senin yang dapat memperburuk hubungan mereka dengan Uni Eropa setelah adanya kritik dari Presiden Komisi Eropa Jean Claude Juncker bahwa Italia tidak menjaga janjinya terhadap masalah anggaran dan komentar dari Presiden ECB Mario Drgahi yang mengatakan bahwa tidak ada bantuan dari ECB jika pembicaraan anggaran gagal tercapai.

Selain itu fokus lainnya akan tertuju pada krisis Brexit seiring belum tercapainya kesepakatan pada akhir pekan lalu di tengah masih buntunya negosiasi terkait perbatasan Irlandia dan adanya desakan di parlemen dari pro-meninggalkan Uni Eropa untuk kembali di "jalur perang."

Data penting hari ini akan tertuju pada penjualan retail AS yang dirilis pukul 19.30 WIB.

Potensi pergerekan

Emas

Harga emas berpeluang lanjutkan pelemahannya pada Jumat lalu dengan outlook menguatnya dollar AS pada potensi kenaikan suku bunga AS dengan menguji support di $1215 - 1212. Namun jika perilisan data penjualan retail AS lebih rendah dari estimasi berpeluang mendorong naik harga emas untuk membidik resisten di $1224 - $1226.

Minyak

Harga minyak berpeluang turun dalam jangka pendek jika pasar mempertimbangkan pandangan yang pesimis pada permintaan dari IEA serta naiknya aktivitas rig dalam laporan Baker Hughes di Jumat lalu dengan menguji support di $71.80 - $71.50. Namun, harga minyak berpeluang untuk bergerak naik untuk menargetkan resisten di $72.50 - $72.80 jika trader khawatirkan ancaman Arab Saudi yang berencana untuk tidak akan lebihkan kuota produksi.

EURUSD

EURUSD berpeluang untuk bergerak melemah dalam jangka pendek di tengah krisis hubungan Italia dan Uni Eropa, khususnya jika jadi mensahkan anggaran tahun 2019 pada hari ini dengan menguji level support di 1.1520 - 1.1500. Jika bergerak naik, level resisten terlihat di 1.1580 - 1.1600.

GBPUSD

Sentimen ketidakpastian Brexit berpotensi akan menjadi beban bagi pergerakan GBPUSD pada hari ini pasca belum tercapainya kesepakatan pada akhir pekan lalu dengan menguji level support di 1.3050. Jika bergerak naik, level resisten terdekat terlihat di 1.3150.

USDJPY

USDJPY berpotensi akan bergerak dalam volatilitas rendah pada hari ini di tengah outlook menguatnya dollar AS dan pasar saham dengan fokus tertuju pada data produksi industri Jepang yang dirilis pukul 11.30 WIB. Untuk sisi bawah level support terlihat di 111.80 - 111.50, sementara itu jika naik level resisten berada di 112.60 - 113.00.

AUDUSD

AUDUSD berpeluang melemah dalam jangka pendek karena outlook menguatnya dollar AS serta kekhawatiran atas outlook pertumbuhan dari China, proxy dagang mereka dengan mengincar level support di 0.7080 - 0.7050. Jika bergerak naik, level resisten berada di 0.7140 - 0.7150.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar
(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search