Market Movers : Pelemahan Dolar Dan Pulihnya Aset Berisiko Berpotensi Dominasi Pasar

Market Movers : Pelemahan Dolar Dan Pulihnya Aset Berisiko Berpotensi Dominasi Pasar

Jum'at, 21 September 2018 08:55:46 WIB

Di tengah minimnya data ekonomi AS, sentimen meredanya kekhawatiran investor terhadap perang dagang antara AS dan China masih akan menjadi salah satu pemicu penggerak pasar di hari ini yang berdampak pada pelemahan dolar dan pulihnya aset-aset berisiko.

Data ekonomi penting hari ini akan tertuju pada serangkaian data indeks manufaktur dan jasa dari Perancis, Jerman dan zona Euro mulai pukul 14.15 WIB hingga 15.00 WIB, public sector net borrowing Inggris pukul 15.30 WIB serta data cpi dan core retail sales Kanada pukul 19.30 WIB serta laporan aktivitas rig dari Baker Hughes pukul 00.00 WIB/ Sabtu/

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang masih mempertahankan tren penguatannya karena masih tertekannya dolar akibat meredanya tensi perang dagang antara AS dan China untuk menguji level resisten di $1212-$1215. Namun jika investor terlihat melakukan profit taking pasca kenaikannya di dua sesi terakhir, harga emas berpeluang melemah membidik support di $1202 - $1200.

Minyak

Kritik Presiden Trump terhadap OPEC untuk menurunkan harga minyak berpeluang menekang turun harga minyak dalam jangka pendek dengan mengincar support di $69.80- 69.50. Namun dengan masih adanya potensi berkurangnya suplai karena sanksi AS terhadap Iran, harga minyak berpeluang naik kembali untuk menargetkan resisten di $70.60 - $71.00. Hari ini investor nantikan petunjuk produksi AS dalam laporan rig dari Baker Hughes.

EURUSD

Tren penguatan EURUSD berpeluang masih terjaga dalam jangka pendek dengan membidik resisten di 1.1810 - 1.1850 seiring melemahnya dolar AS serta adanya komentar yang optimis dari kepala ekonom ECB Peter Praet kemarin yang mengatakan bahwa ekonomi wilayah Euro berekspansi di atas level potensinya dan dia yakin bahwa inflasi akan mencapai target bank. Namun, EURUSD berpeluang berbalik turun jika serangkaian data ekonomi dari wilayah zona Euro dirilis pesimis dengan mengincar support di 1.1740 - 1.1700.

GBPUSD

Ditopang pelemahan dolar dan menguatnya optimisme bahwa Inggris dan Uni Eropa akan membuat kemajuan yang signifikan dalam kesepakatn Brexit berpeluang mendorong kenaikan GBPUSD dalam jangka pendek untuk mengincar resisten di 1.3300 - 1.3340. Namun, GBPUSD bisa saja berbalik turun untuk mengincar support di 1.3240 - 1.3200 jika data public sector net borrowing Inggris dirilis pesimis.

USDJPY

Sentimen risk apetite berpeluang mendorong naik USDJPY dalam jangka pendek dengan mengincar resisten di 112.80-113.00 meskipun dolar sedang melemah. Jika harga berbalik turun, level 112.00 - 111.80 akan bertindak sebagai level support.

AUDUSD

AUDUSD berpeluang menjaga penguatannya dalam empat sesi terakhir dalam jangka pendek untuk mengincar resisten di 0.7320 - 0.7350 karena berbagai katalis positif seperti meredanya tensi dagang AS-China, tingginya harga komoditas dan sentimen risk on. Sementara itu jika harga berbalik turun, level support terlihat berada di 0.7240 - 0.7200.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search