Market Movers : Peluang Kenaikan Harga Emas Karena Kekacauan Politik AS dan Memburuknya Tensi Dagang AS-Tiongkok

Market Movers : Peluang Kenaikan Harga Emas Karena Kekacauan Politik AS dan Memburuknya Tensi Dagang AS-Tiongkok

Rabu, 25 September 2019 09:06:42 WIB
Kekacauan politik di AS, yang memicu sebagian besar anggota DPR AS untuk melakukan penyeldikan pemakzulan terhadap Presiden AS Donald Trump berpotensi membuat dollar AS dalam tekanan turun dan pasar menjauh aset berisiko. Sementara itu outlook lain yang berpeluang meningkatkan sentimen hindar aset berisiko adalah pernyataan Presiden Trump yang mengatakan bahwa kesepakatan dagang antara Washington dan Beijing mungin tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Data penting hari ini yang akan menjadi pemicu pergerakan pasar berpotensi datang dari data keyakinan konsumen Jerman pukul 13:00 WIB, pidato anggota FOMC Charles Evans dan Esther George pukul 19:00 WIB dan 21:00 WIB, data penjualan rumah baru AS pukul 21:00 WIB, dan cadangan minyak mentah AS pukul 21:30 WIB.

Video Market Mover Hari Ini



Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang naik dalam jangka pendek di tengah kekacauan politik di AS serta memudarnya ekspektasi untuk adanya kesepakatan dagang AS-Tiongkok untuk menguji level resisten di $1535
- $1540. Namun, harga emas berpotensi terkoreksi turun jika pidato anggota FOMC dan data penjualan rumah AS hasilnya dipandang optimis untuk menguji level support di $1527 - $1522.

Minyak

Harga minyak berpeluang bergerak turun dalam jangka pendek karena outlook perlambatan ekonomi serta meredanya ketegangan antara Iran dengan AS setelah pemimpin Teheran setuju untuk memperbaiki kesepakata nuklirnya untuk menguji level support di $56.30 - $55.80. Namun, harga minyak berpotensi untuk bergerak naik menguji level resisten di $57.20 - $57.70 jika data cadangan minyak mentah AS yang dirilis EIA pada pukul 21:30 WIB hasilnya lebih rendah dari ekspektasi.

EURUSD

EURUSD berpeluang menguat dalam jangka pendek untuk menguji level resisten di 1.1050 - 1.1100 di tengah sentimen melemahnya dollar AS karena kekacauan politik di AS serta optimisnya data iklim bisnis Jerman. Namun, EURUSD berpeluang untuk berbalik turun menguji support di 1.0980 - 1.0930 jka data tingkat keyakinan konsumen Jerman dirilis lebih rendah dari ekspektasi.

GBPUSD

Sentimen meningkatnya optimisme pasar untuk terjadinya soft Brexit pasca keputusan Mahkamah Agung Inggris kemari berpeluang menopang kenaikan GBPUSD dalam jangka pendek untuk menguji level resisten di 1.2530 - 1.2580. Jika bergerak turun, level support berada di 1.2450 - 1.2400.

USDJPY

USDJPY berpeluang turun dalam jangka pendek seiring tidak adanya kejutan dalam notula rapat BOJ, dan ketegangan politik di AS untuk menguji level support di 106.90 - 106.40. Jika bergerak naik, level resisten di 107.50 - 108.00.

AUDUSD

AUDUSD berpeluang untuk bergerak turun dalam jangka pendek di tengah kekhawatiran akan ketegangan dagang antara AS-Tiongkok yang belum akan tuntas dalam jangka pendek untuk menguji level support di 0.6770 - 0.6720. Namun, jika pasar mempertimbangkan pelemahan dollar AS dan kenaiakn harga emas, maka AUDUSD berpeluang naik menguji resisten di 0.6830 - 0.6880.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search