Market Movers : Pernyataan Kontroversi Trump Berpotensi Meningkatkan Permintaan Aset Safe Haven

Market Movers : Pernyataan Kontroversi Trump Berpotensi Meningkatkan Permintaan Aset Safe Haven

Senin, 11 Juni 2018 08:56:25 WIB


Permintaan terhadap aset safe haven berpeluang meningkat di awal pekan di tengah adanya pernyataan kontroversi dari Presiden AS Donald Trump terhadap Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau yang semakin memanaskan konflik dagang setelah Uni Eropa marah akan kebijakan kenaikan tarif impor baja dan aluminium dari AS.

Sementara itu untuk data penting hari ini akan tertuju pada produksi manufaktur Inggris yang dirilis pukul 15:30 WIB untuk petunjuk pergerakan pound di tengah kembali mencuatnya outlook hard Brexit.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang menguat dalam jangka pendek di tengah meningkatnya permintaan aset safa haven karena konflik dagang antara AS dengan sejumlah mitranya yang berpotensi membuat emas menembus atas level $1300 untuk mengincar resisten kuat di $1308. Namun, dengan masih solidnya ekspektasi untuk kenaikan suku bunga AS yang akan diumukan pekan ini juga dapat berpotensi memicu penurunan untuk menguji level support di $1292.

Minyak

Sentimen turunnya permintaan dari China, dipangkasnya estimasi harga di tahun ini oleh JP Morgan serta meningkatnya jumlah aktivitas rig AS seperti yang dilaporkan oleh Baker Hughes berpotensi untuk mendorong turun harga minyak dalam jangka pendek untuk menguji support di $65.00. Untuk level resisten terdekat terlihat di area $66.00.

EURUSD

Memburuknya hubungan dagang antara Uni Eropa dengan AS berpotensi memicu pelemahan EURUSD dalam jangka pendek untuk menguji level support di 1.1720. Namun, EURUSD berpotensi untuk bergerak kuat setelah adanya berita yang mengatakan bahwa Italia memutuskan untuk tetap berada di wilayah Euro dengan mengincar target resisten di 1.1820 - 1.1850.

GBPUSD

GBPUSD berpotensi bergerak turun dalam jangka pendek di tengah investor yang masih mengkhawatirkan perkembangan terbaru Brexit di tengah berita kemungkinan pengunduran diri Menteri Brexit David Davis yang dapat memicu pelemahan GBPUSD dalam jangka pendek untuk menguji support di 1.3360. Namun, GBPUSD berpeluang untuk menguat, khususnya jika data produksi manufaktur Inggris dirilis optimis untuk menguji level resisten di 1.3460.

USDJPY

USDJPY berpeluang bergerak turun dalam jangka pendek untuk mengincar support di 108.70 di tengah meningkatnya permintaan aset safe haven karena konflik dagang global.

AUDUSD

AUDUSD berpeluang melemah dalam jangka pendek, di tengah sentimen menguatnya dollar dan sentimen risk aversion untuk menguji support di terdekat 0.7575 - 0.7550. Namun, harga berpeluang untuk menguat jika investor merespon data China yang dirilis optimis selama akhir pekan untuk membidik target resisten di 0.7650.







Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Calendar.

(Faisyal)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search