Market Movers : Pertemuan Trump Dan Kim Jong Un, Indeks Upah Inggris Serta Inflasi AS

Market Movers : Pertemuan Trump Dan Kim Jong Un, Indeks Upah Inggris Serta Inflasi AS

Selasa, 12 Juni 2018 08:45:55 WIB

Pertemuan bersejarah Presiden AS Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim yang berlangsung pagi ini akan menjadi perhatian utama investor selain perilisan data indeks upah dan tenaga kerja Inggris dan data inflasi Amerika Serikat.

Jika pertemuan tersebut berlangsung kondusif dan menghasilkan kesepakatan berpotensi menopang pergerakan aset-aset beresiko.

Dari Inggris, pada pukul 15:30 WIB akan dirilis data average earnings index, claimant count change dan unemployment rate. Sementara itu dari AS, fokus investor akan tertuju pada data CPI pukul 19:30 WIB untuk petunjuk investor sebelum keputusan moneter terbaru dari Federal Reserve AS di pekan ini.

Potensi pergerakan

Emas

Harga emas berpotensi menguat dalam jangka pendek, khususnya jika berada di atas level $1300 seiring investor yang terlihat waspada terhadap pertemuan Trump dan Kim Jong Un pada hari ini untuk membidik resisten terdekat di $1305. Namun, jika pertemuan berjalan baik, harga emas berpeluang berbalik turun untuk menguji support terdekat di $1295 di tengah investor yang dapat beralih ke aset beresiko. Data penting hari ini akan tertuju pada data CPI AS pukul 19:30 WIB.

Minyak

Adanya pernyatan dari menteri minyak Irak bahwa OPEC seharusnya tidak terpengaruh oleh tekanan untuk produksi lebih banyak berpotensi menopang kenaikan harga minyak jangka pendek untuk menguji resisten di 66.75. Namun, jika investor kembali pertimbangkan meningkatnya produksi AS dan Rusia, harga minyak dapat bergerak turun untuk menguji support di $65.50.

EURUSD

Risiko perang dagang yang melibatkan negara-negara wilayah Euro berpotensi memicu pelemahan EURUSD dalam jangka pendek, pelemahan bisa semakin dalam jika data sentimen ekonomi Jerman yang dirilis pukul 16:00 WIB hasilnya lebih buruk dari estimasi dengan support kuat terlihat di 1.1700. Sementara itu jika investor kembali mempertimbangkan ECB yang berpotensi memperketat moneternya di pekan ini dapat memicu kenaikan EURUSD untuk membidik resisten di 1.1820.

GBPUSD

Fokus investor GBPUSD hari ini akan tertuju pada serangkaian data ekonomi Inggris yang dirilis pukul 15:30 WIB. Jika data dirilis optimis berpeluang mendorong naik GBPUSD untuk mengincar resisten di 1.3400. Sebaliknya, jika data dirilis pesimis, berpotensi mendorong turun GBPUSD untuk membidik support di 1.3300.

USDJPY

USDJPY berpotensi untuk bergerak naik, melanjutkan penguatan dari sesi sebelumnya, jika pertemuan Trump dan Kim Jong Un berjalan kondusif karena dapat meningkatkan permintaan terhadap aset beresiko untuk menargetkan resisten di 111.00. Namun, jika pertemuan tersebut tidak berjalan baik, USDJPY berpeluang untuk bergerak turun membidik support di 109.60.

AUDUSD

AUDUSD berpeluang menguat dalam jangka pendek, mengincar resisten di 0.7630, di tengah menguatnya sentimen aset beresiko di tengah pertemuan Trump dengan Kim Jong Un. Namun jika pertemuan berjalan tidak sesuai keinginan kedua belah pihak, AUDUSD berpeluang bergerak turun untuk membidik support di 0.7550.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Calendar.

(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search