Market Movers : Sentimen Melemahnya Dollar Berpotensi Mendominasi Pasar Keuangan

Market Movers : Sentimen Melemahnya Dollar Berpotensi Mendominasi Pasar Keuangan

Senin, 10 Desember 2018 08:53:22 WIB

Pergerakan pasar di awal pekan ini berpeluang volatil di tengah sentimen pengurangan produksi oleh OPEC dan aliansi serta pesimisnya data non farm payroll AS yang dapat memicu pelemahan dollar AS menjelang keputusan Fed tanggal 20 Desember dengan outlook saat ini mereka akan memperlambat tempo laju kenaikan suku bunga pada tahun ini.

Sementara itu untuk data penting hari ini akan tertuju pada perilisan data GDP dan manufaktur Inggris pukul 16.30 WIB yang dapat memicu pergerakan GBPUSD menjelang voting parlemen Inggris untuk Brexit tanggal 11 Desember.


Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang menguat dalam jangka pendek seiring pasar yang mendapat sentimen positif dari melemahnya dollar AS dan Wall Street setelah perilisan data non farm payroll AS yang pesimis untuk menguji level resisten terdekat di $1255 - $1257. Jika melemah, level support terlihat di area $1245 - $1243.

Minyak

Harga minyak berpotensi untuk bergerak naik untuk menguji level resisten di $53.00 - $53.30 dengan pasar masih bereforia terhadap keputusan OPEC dan aliansinya untuk memangkas produksi sekitar 1.2 juta barel mulai Januari nanti untuk enam bulan kedepan, serta mulai mengendurnya aktivitas rig AS yang tercermin dalam laporan Baker Hughes pada akhir pekan lalu. Untuk level support terlihat di $52.00-$51.75.

EURUSD

Sentimen melemahnya dollar AS karena perilisan data tenaga kerja AS yang pesimis berpotensi menjadi katalis positif jangka pendek bagi EURUSD untuk menguji level resisten di 1.1450 - 1.1500, dengan pasar menantikan data perdagangan Jerman untuk petunjuk lebih lanjut. Untuk level support berada di area 1.1350 - 1.1300.

GBPUSD

GBPUSD berpeluang masih dalam tekanan turun dalam jangka pendek karena kekhawatiran pasar terhadap "no-deal Brexit" setelah dilaporkan partai Buruh, Demokrat Liberal, DUP, SNP dan lusinan parlemen konservatif tidak mendukung kesepakatan Brexit untuk menguji level support di 1.2690 - 1.2650. Namun, GBPUSD berpeluang untuk naik, khususnya jika data ekonomi Inggris dirilis optimis di tengah sentimen melemahnya dollar untuk menguji resistendi 1.2750 - 1.2800.

USDJPY

Perilisan data ekonomi Jepang pada awal perdagangan hari ini berpotensi menopang kenaikan USDJPY dalam jangka pendek untuk menguji level resisten di 112.80 - 113.00. Namun, penguatannya berpotensi terbatas dengan sentimen melemahya dollar dan risk aversion yang dapat USDJPY bergerak lebih rendah membidik support di 112.20 - 112.00.

AUDUSD

Perilisan data pinjaman untuk rumah dari Australia yang optimis berpeluang menopang kenaikan AUDUSD jangka pendek untuk menguji level resisten di 0.7230 - 0.7250. Namun, AUDUSD berpeluang melemah karena sentimen risk aversion untuk menguji level support di 0.7150 - 0.7130.



Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search