Market Movers: Banyak Sentimen, Volatilitas GBPUSD Berpotensi Meningkat

Market Movers: Banyak Sentimen, Volatilitas GBPUSD Berpotensi Meningkat

Kamis, 01 November 2018 08:48:54 WIB
GBPUSD menguat tajam di awal perdagangan hari ini setelah Perdana Menteri Inggris dikabarkan memastikan deal sektor jasa finansial dalam negosiasi Brexit dengan Uni Eropa. Sejak perdagangan hari ini dibuka, GBPUSD telah naik hampir 100 pip mencapai level tertinggi harian 1.2854. Kabar tersebut menambah sentimen positif sebelumnya yang datang dari Menteri Brexit Inggris yang yakin seluruh deal akan tercapai di akhir November.

Volatilitas GBPUSD berpotensi akan meningkat lagi mengingat sore nanti akan dirilis data aktivitas manufaktur Inggris pukul 16:30 WIB, disusul dengan pengumuman kebijakan moneter Bank Sentral Inggris (19:00 WIB) dan konferensi pers Gubernur BoE Mark Carney (19:30 WIB).

Potensi Pergerakan

Emas
Indeks dollar terkoreksi dari level tertinggi 4 bulan pagi ini, ditambah dengan pelemahan beberapa bursa utama Asia memberikan peluang penguatan emas. Selama bertahan di atas support 1212, emas berpeluang naik ke level 1225. Namun jika support 1212 tertembus, emas berpeluang turun ke area 1205.

Minyak Mentah
Sepanjang bulan Oktober minyak mentah mencatat penurunan sekitar 10% dan saat ini berada di level terendah sejak pertengahan Agustus di kisaran 64.40. Selama tidak menembus level tersebut minyak mentah berpeluang menguat ke area 66.20 akibat aksi short covering. Sebaliknya tekanan jual akan semakin besar jika 64.40 ditembus, dengan target penurunan ke area 63.60.

EURUSD
Mengikuti pergerakan GBPUSD, EURUSD menguat di awal perdagnagan hari ini dan semakin menjauhi level psikologis 1.3000. Selama bertahan di atas level tersebut, EURUSD berpeluang besar melanjutkan kenaikan ke area 1.1365.

GBPUSD
Penguatan GBPUSD berpeluang berlanjut dengan target ke area 1.2915 jika BoE menunjukkan keyakinan perekonomian Inggris akan tetap kuat apapun hasil negosiasi Brexit. Namun jika BoE menunjukkan kehati-hatian dalam menilai perekonomian Inggris kedepannnya, GBPUSD kemungkinan akan berbalik turun ke area 1.2730

USDJPY
Sebagian bursa saham Asia yang melemah membuat permintaan yen kembali meningkat dan berdampak pada penurunan USDJPY di awal perdagangan. Jika support 112.65 ditembus, USDJPY berpeluang besar melanjutkan penurunan ke atea 112.30

AUDUSD
Surplus neraca perdagangan Australia yang lebih besar dari perkiraan membawa AUDUSD naik ke level 0.7115. Jika level tertinggi pekan ini 0.7120 ditembus, AUDUSD berpotensi naik ke area 0.7140. Support terdekat berada di kisaran 0.7080.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Putu Agus)
(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search