Market Movers: Berita Naiknya Hutang China Tekan Dollar Aussie dan Kiwi

Market Movers: Berita Naiknya Hutang China Tekan Dollar Aussie dan Kiwi

Senin, 31 Maret 2014 10:35:38 WIB

Monexnews - Awal pekan ini pasar dibuka oleh data ekonomi Selandia Baru, Jumlah Ijin Membangun yang dikeluarkan, yang hasilnya mengalami penurunan 1,7% dari bulan sebelumnya. Kemudian Jepang merilis data Produksi Industri yang hasilnya penurunan produksi sebesar 2,3%.

Berita dari Selandia Baru tidak berpengaruh negatif pada nilai tukar

dollar New Zealand. Sementara data dari Jepang menekan indeks saham Nikkei dan mendorong penguatan yen terhadap dollar AS.

Pagi ini juga dirilis berita bahwa hutang eksternal China meningkat sebesar 17% pada akhir tahun 2013 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sebagian besar hutang (sekitar 78%) didominasi oleh hutang jangka pendek. Ketika berita dirilis, nilai tukar dollar Australia dan New Zealand langsung tertekan.

Dari Zona Euro akan dirilis data Penjualan Ritel Jerman yang diperkirakan mengalami penurunan sebesar 0,3% lebih buruk dari rilisan bulan sebelumnya yang mengalami kenaikan sebesar 1,7%. Zona Euro juga akan merilis data perkiraan CPI (tingkat inflasi) untuk bulan Maret. Data diperkirakan +0,6%, lebih rendah dari perkiraan bulan sebelumnya yang +0,7%. Data yang lebih rendah dari perkiraan bisa memberikan sentimen negatif bagi nilai tukar

euro yang akhir pekan lalu sempat tertekan akibat rendahnya tingkat inflasi di Jerman.

Dari Kanada akan dirilis data ekonomi penting GDP untuk bulan Januari 2014 yang diperkirakan +0,4%, lebih bagus dari bulan sebelumnya yang mengalami penurunan 0,5%. Data yang lebih bagus dari prediksi bisa mendorong penurunan USDCAD.

Dari AS akan dirilis data Chicago PMI bulan Maret yang mengukur aktivitas bisnis di daerah Chicago. Data diperkirakan 59.2, sedikit lebih rendah dari bulan sebelumnya 59.8. Data yang lebih bagus dari prediksi bisa membantu penguatan dollar AS.

Malam ini dua pemimpin bank sentral dunia, Janet Yellen (AS) dan Mark Carney (Inggris) akan berpidato dalam event yang terpisah. Pernyataan dari kedua pemimpin bank sentral ini biasanya bisa menjadi market mover pasar karena berkaitan dengan prospek kebijakan moneter.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:

http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search