Market Movers: Data Aktivitas Manufaktur AS Akan Menjadi Fokus Terakhir di Pekan Ini

Market Movers: Data Aktivitas Manufaktur AS Akan Menjadi Fokus Terakhir di Pekan Ini

Jum'at, 01 Maret 2019 08:27:07 WIB

Dollar mendapat momentum penguatan setelah rilis data gross domestic bruto (GDP) AS semalam dirilis lebih tinggi dari estimasi. Hal ini membuat pasar berekspektasi bahwa setidaknya ada satu kali kenaikan suku bunga The Fed tahun ini. Selanjutnya rilis data aktivitas manufaktur AS pukul 22.00 WIB akan menjadi fokus karena dari rilis data ekonomi ini akan memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed.

Sebelum itu, akan ada rilis data aktivitas manufaktur China versi Caixin di pagi hari, indeks manufaktur Inggris di sore hari, disusul oleh rilis data lanju inflasi Zona Euro yang akan menjadi katalis penggerak untuk EURUSD.

Market Movers Hari Ini



Potensi Pergerakan

Emas
Ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed membuat harga emas melemah hingga ke bawah 1320. Jika rilis data aktivitas manufaktur AS kembali memperkuat ekspektasi ini, potensi pelemahan harga emas ke level 1307. Sebaliknya, peluang penguatan harga emas mengincar area resisten terdekat di level 1318.

Minyak Mentah
Data GDP AS yang positif menandakan solidnya perekonomian di sana dan membuat permintaan terhadap minyak diekspektasikan meningkat. Ini berpotensi membuat harga minyak menguat menguji level tertinggi sebulan di area 57.75 sebelum lanjut menguat mengincar area 58.30. Support di level 56.40.

EURUSD
Data inflasi yang diestimasikan lebih baik dari sebelumnya berpotensi menjadi katalis penggerak EURUSD. Jika dirilis dari ekspektasi, peluang penguatan EURUSD menguji level psikologis 1.1400. Perlu menembus konsisten di atas 1.1400 sebelum mengincar area resisten selanjutnya di 1.1435. Sebaliknya, jika dollar kembali mendapat momentum penguatannya, potensi EURUSD melemah ke level support 1.1320.

GBPUSD
GBPUSD akan mendapat movers dari rilis data aktivitas manufaktur Inggris yang diestimasikan lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Jika data dirilis lebih rendah dari estimasi, potensi pelemahan GBPUSD ke level support 1.3195. Resisten terdekat di level 1.3300.

USDJPY
Dollar yang menguat juga turun menopang kenaikan USDJPY, namun selama harga belum mempu menembus konsisten di atas 111.85, aksi profit taking berpotensi terjadi dan membawa USDJPY turun ke level 111.00. Sebaliknya, jika dollar kembali menguat karena rilis data ekonomi dan mendominasi pergerakan pasar, potensi naik 112.10 jika konsisten di atas 111.85.

AUDUSD
Level 0.7080 terlihat menjadi support kuat untuk AUDUSD. Selama harga konsisten bergerak di atas level tersebut, AUDUSD berpeluang menguat ke level 0.7125. Terutama jika rilis data aktivitas manufaktur China dapat menopang penguatan AUDUSD.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search