Market Movers: Data GDP AS Akan Tentukan Kekuatan Dollar Selanjutnya

Market Movers: Data GDP AS Akan Tentukan Kekuatan Dollar Selanjutnya

Kamis, 28 Februari 2019 08:08:29 WIB

Menjelang akhir perdagangan hari Rabu, pasar bergerak volatil merespon pernyataan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer. Dirinya mengatakan bahwa kesepakatan dagang antara AS-China masih belum pasti, bahkan negosiasi akan berlangsung alot dan membutuhkan waktu yang lama. Ini karena banyak yang harus dilakukan oleh China, bukan hanya sepakat untuk mengimpor barang-barang AS.

Hal tersebut justru membuat dollar AS menguat. Tampaknya dollar sempat dipandang menjadi safe haven dibandingkan harga emas. Katalis penggerak selanjutnya yaitu rilis data GDP AS kuartalan pukul 20.30 WIB yang diekspektasikan melambat di angka 2.6%.

Market Movers Hari Ini



Potensi Pergerakan

Emas
Jika data GDP AS dirilis lebih rendah dari ekspektasi, sentimen kekhawatiran perlambatan ekonomi AS berpotensi topang harga emas menguji resisten terdekat di 1327. Tembus level tersebut, peluang penguatan selanjutnya di 1330. Support di 1314.

Minyak Mentah
Pengurangan stok minyak di AS tampaknya berpotensi menopang harga minyak untuk menguji level tertinggi sebulan di area 57.50 - 57.80 sebelum lanjutkan penguatan ke area sebelum mengincar 58.70. Support terdekat di 56.00.

EURUSD
Data inflasi Jerman yang dirilis hari ini berpotensi menjadi katalis penggerak EURUSD. Jika dirilis lebih tinggi dari ekspektasi 0.5%, peluang penguatan EURUSD menguji level psikologis 1.1400 sebelum mengincar area 1.1430. Support di 1.1330.

GBPUSD
Peluang penguatan GBPUSD selanjutnya perlu konsisten bergerak di atas 1.3340 sebelum mengincar 1.3380. Sentimen positif dari upaya no-deal Brexit tampaknya masih menjadi sentimen penggerak. Support di 1.3250.

USDJPY
USDJPY tampaknya akan bergerak dalam volatilitas tinggi pada hari ini mengikuti pergerakan bursa saham global dan minat pelaku pasar terhadap aset safe haven antara dollar dan yen. Resisten di 111.30 dan support di 110.50. Rilis data GDP AS juga akan menjadi fokus.

AUDUSD
Sempat menguat ke level 0.7165 merespon data pengeluaran modal kuartalan yang lebih baik, namun AUDUSD memangkas penguatannya karena rilis data manufaktur dan non-manufaktur China yang lebih rendah dari ekspektasi. Potensi pelemahan AUDUSD menguji support terdekat di 0.7100 dengan resisten di level 0.7170.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search