Market Movers: Data NFP AS Akan Gambarkan Outlook Perekonomian AS Selanjutnya

Market Movers: Data NFP AS Akan Gambarkan Outlook Perekonomian AS Selanjutnya

Jum'at, 04 Januari 2019 08:18:09 WIB

Di awal perdagangan hari ini, pergerakan di pasar keuangan cenderung stabil setelah terjadi flash crash kemarin. Dollar masih dalam sentimen pelemahan setelah data menunjukan terjadinya penurunan aktivitas manufaktur di AS. Selanjutnya, data non-farm payroll (NFP) AS dapat menjadi acuan dan outlook perekonomian AS selanjutnya. Pimpinan The Fed Jerome Powell juga dijadwalkan akan memberikan pidatonya pada pukul 22.15 WIB.

Pada perdagangan sesi Eropa, rilis data estimasi pertumbuhan inflasi zona euro akan menjadi mover untuk EURUSD. Sebelumnya European Central Bank (ECB) juga sudah memangkas proyeksi laju inflasi di tahun 2019.



Potensi Pergerakan

Emas
Berada di level tertinggi sejak 3 bulan lalu, aksi profit taking kemungkinan terjadi pada harga emas ke area support terdekat di 1290. Sebaliknya, jika rilis data tenaga kerja AS turut menunjukan adanya pelambatan aktivitas ekonomi, tidak menutup kemungkinan harga emas berpotensi menguat mengincar level psikologis 1300 sebelum mengincar area 1305.

Minyak Mentah
Di tengah kekhawatiran berkurangnya permintaan karena pelambatan ekonomi global, kabar melimpahnya suplai dari Irak (produsen minyak terbesar kedua OPEC) berpotensi menekan harga emas ke support 45.40. Namun, Arab Saudi juga dikabarkan akan memangkas produksi lebih banyak di bulan Februari. Ada peluang penguatan harga minyak menguji 47.60 sebelum mengincar 48.00.

EURUSD
Jika rilis data estimasi inflasi zona euro dirilis lebih rendah dari 1,8%, EURUSD berpotensi melemah ke area 1.1360. Namun jika dollar mendapat sentimen negatif dari rilis data tenaga kerja AS, peluang penguatan ke area 1.1470.

GBPUSD
Memanfaatkan sentimen pergerakan dollar selama belum ada berita perihal voting Brexit, GBPUSD berpeluang menguat mengincar area 1.2960. Support terdekat di 1.2600.

USDJPY
Selama harga belum bergerak konsisten di atas 108.00, USDJPY masih dalam kecenderungan untuk turun ke area 107.00. Resisten terdekat di level 108.70.

AUDUSD
Melambatnya aktivitas ekonomi di China tampaknya masih menjadi sentimen pelemahan AUDUSD. Terutama jika hari ini indeks sektor jasa China dari Caixin juga dirilis lebih rendah dari 52.9. Potensi pelemahan ke area 0.6945. Resisten di area 0.7045.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search