Market Movers: Data NFP Jadi Sorotan

Market Movers: Data NFP Jadi Sorotan

Jum'at, 09 Januari 2015 10:17:14 WIB

Monexnews - Hari ini cukup banyak data ekonomi penting yang bisa menjadi market mover bagi pasar keuangan. Namun perhatian pasar akan terfokus pada data Non-Farm Payrolls (NFP) dan Tingkat Pengangguran AS yang akan dirilis malam ini. Bank Sentral AS menjadikan data tenaga kerja sebagai bagian dari pertimbangan untuk menaikan tingkat suku bunga acuan. Data tenaga kerja yang lebih bagus dari proyeksi cenderung akan mendorong bank sentral untuk menaikan suku bunga acuan. (Market Commentary: Penguatan Dollar AS Bisa Terhenti Bila Data NFP Buruk).

Indeks dollar AS terlihat terkoreksi pagi ini menjelang rilisan data NFP. Pernyataan dari salah satu petinggi bank sentral, yaitu Presiden Bank Sentral AS Minneapolis Narayana Kocherlakota, yang memperingatkan bahwa kenaikan suku bunga akan menyulitkan kenaikan inflasi turut memberikan sentimen negatif ke dollar AS. Sebelumnya Presiden Bank Sentral AS Chicago, Charles Evans, juga mengkritik kebijakan kenaikan suku bunga acuan AS di awal tahun ini.

Data lainnya yang menjadi perhatian pasar adalah data Indeks Harga Konsumen dan Produsen China (CPI dan PPI) dimana kedua data ini menunjukkan China memang sedang memasuki pelambatan ekonomi. Data CPI China bulan Desember berada di kisaran 1,5%, sementara data PPI mengalami penurunan 3,3% di bulan yang sama. Namun demikian, isu pelambatan ekonomi China memunculkan isu baru bahwa pemerintah China akan mengeluarkan stimulus untuk memulihkan ekonominya. Isu stimulus ini membantu penguatan indeks saham Asia khususnya Hang Seng.

Penguatan indeks saham juga didukung oleh aksi bargain hunting terutama saham-sahaam produsen minyak yang mulai rebound seiring dengan mulai stabilnya harga minyak mentah. Harga minyak mentah WTI saat ini bergerak di kisaran $49 per barel, lebiih tinggi dari level terendah yang disentuh dua hari lalu $46,81 per barel.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search