Market Movers: Data Non-Farm Payroll Akan Gambarkan Perekonomian AS

Market Movers: Data Non-Farm Payroll Akan Gambarkan Perekonomian AS

Jum'at, 07 Desember 2018 08:28:47 WIB

Data tenaga kerja versi ADP semalam mulai memberikan gambaran bahwa perekonomian diindikasikan melambat. Pasalnya, penambahan tenaga kerja hanya 179 ribu di bawah ekspektasi 195 ribu dan bahkan lebih rendah dibandingkan sebelumnya 225 ribu.

Selain itu nilai yield treasury AS tenor 10 tahun juga turun hingga membentuk level terendah selama tiga bulan. Hal ini menjadi sentimen pelemahan dollar.

Selanjutnya, rilis data non-farm payroll (NFP) pukul 20.30 WIB akan menjadi fokus selanjutnya sekaligus akan kembali menggambarkan kondisi perekonomian AS. Tentu ini akan berpengaruh pada kebijakan moneter The Fed, khususnya suku bunga, yang akan diberlakukan pada tahun depan.



Potensi Pergerakan

Emas
Jika serangkaian rilis data tenaga kerja dan NFP AS hari ini dirilis mengecewakan atau lebih buruk dari ekspektasi, harga emas berpeluang menguji kembali area level tertinggi 5 bulan di 1244. Tembus level tersebut peluang penguatan selanjutnya mengincar 1248. Support di 1228.

Minyak Mentah
Menanti hasil keputusan pertemuan antara OPEC dan Rusia hari ini, tampaknya harga minyak dalam potensi melemah jika OPEC hanya akan menurunkan produksi 1 juta barel per hari dari ekspektasi 1,4 juta barel per hari. Potensi pelemahan akan mengincar support kuat di 50.00. Peluang arah berbalik dengan resisten kuat di 52.20. Tembus level tersebut, penguatan lebih lanjut mengincar 53.30.

EURUSD
Minim rilis data penting dari zona euro, pergerakan EURUSD akan bergantung pada kekuatan dollar. Jika dollar mendapat sentimen negatif dari rilis data NFP AS, peluang penguatan EURUSD akan menguji level 1.1400 sebelum mengincar area 1.1440. Support di 1.1330.

GBPUSD
Di tengah kekhawatiran menjelang voting Parlemen Inggris, pergerakan GBPUSD masih berpotensi memanfaatkan pergerakan dollar. Peluang penguatan GBPUSD akan menguji level 1.2800 sebelum mengincar area 1.2840. Support di 1.2730.

USDJPY
Meski data pendapatan rata-rata upah Jepang meningkat 1.5% - lebih tinggi dari ekspektasi 1.0% - namun belum menjadi katalis positif untuk yen. Untuk selanjutnya, potensi pergerakan melihat kondisi bursa saham dan pergerakan yield treasury AS. Potensi turun mengincar support 112.30 dengan resisten di 113.20.

AUDUSD
Potensi pelemahan AUDUSD karena sentimen menjauhnya investor dari aset berisiko, perlu konfirmasi melemah 0.7200 sebelum mengincar 0.7170. Resisten di 0.7270.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search