Market Movers: Data Non-Farm Payroll AS Beri Pengaruh pada Ekspektasi Pemangkasan Suku Bunga The Fed

Market Movers: Data Non-Farm Payroll AS Beri Pengaruh pada Ekspektasi Pemangkasan Suku Bunga The Fed

Jum'at, 07 Juni 2019 08:40:05 WIB

Di tengah masih adanya ekspektasi bahwa The Fed kemungkinan akan memangkas tingkat suku bunganya tahun ini, rilis data Non-Farm Payroll (NFP) pukul 19.30 WIB akan jadi perhatian pasar di akhir perdagangan pekan ini. Jika data tersebut, tingkat rata-rata upah, dan tingkat pengangguran menunjukan adanya perlambatan ekonomi di AS, kemungkinan besar ekspektasi tersebut semakin meningkat dan menjadi sentimen pasar.

Meksi diperkirakan kondisi tenaga kerja di AS masih solid, namun data ini diperkirakan akan menjadi penentu outlook kebijakan The Fed selanjutnya. Pasalnya, Pimpinan The Fed Jerome Powell pernah mengatakan sebelumnya bahwa The Fed akan bersikap hati-hati dan lebih sabar dalam mengubah kebijakan moneternya.

Market Movers hari ini



Potensi Pergerakan

Emas
Jika data NFP dirilis lebih buruk dari ekspektasi, maka berpotensi meningkatkan ekspektasi pemangkasan tingkat suku bunga. Yang dapat menopang harga emas untuk menguji kembali level 1339 sebelum mengincar level 1343 yang merupakan area level tertinggi. Support di level 1325.

Minyak Mentah
Berita positif datang dari AS dan Meksiko. AS berencana akan menunda kebijakan kenaikan tarif impor untuk Meksiko. Hal tersebut membuat kekhawatiran akan dampak perlambatan ekonomi global sedikit mereda, sehingga menopang harga minyak seiring dengan menguatnya pasar ekuitas. Peluang penguatan harga minyak selanjutnya akan mengincar level 54.00 jika mampu menembus konsisten di atas 53.40. Support di level 52.20.

EURUSD
Selain karena sentimen pelemahan dollar yang masih terjadi, euro juga mendapat katalis positif dari pengumuman kebijakan European Central Bank (ECB) semalam. Bank sentral tersebut mengatakan tidak akan memangkas tingkat suku bunganya selama setahun kedepan dan cenderung akan berusaha untuk kenaikan tingkat suku bunga. Hal tersebut direspon positif dan berpeluang topang EURUSD untuk menguji level 1.1300. Perlu tembus konsisten di atas level tersebut untuk peluang lanjut menguat mengincar resisten selanjutnya di 1.1320. Support terdekat di 1.1240.

GBPUSD
Belum ada katalis penggerak dari Inggris, pergerakan GBPUSD kembali akan bergantung pada kekuatan dollar yaitu setelah rilis data NFP AS. Resisten 1.12725 terlihat menjadi area yang sering diuji. Untuk peluang penguatan, GBPUSD perlu tembus konsisten di atas level tersebut sebelum mengincar 1.2745. Support di level 1.2650.

USDJPY
Di tengah menguatnya pasar ekuitas global yang dapat mengurangi permintaan terhadap yen, USDJPY berpotensi bergerak naik menguji level 108.70. Namun jika sentimen pelemahan dollar kembali terjadi pasca rilis data NFP AS nanti malam dan mendominasi pergerakan harga di pasar, USDJPY berpotensi kembali tertekan turun ke 108.10.


AUDUSD
AUDUSD berpeluang kembali menguji resisten level psikologis 0.7000 di tengah potensi meningkatnya risk appetite para pelaku pasar yang dapat menopang AUDUSD. Terutama jika dollar AS nantinya akan kembali melemah dari rilis NFP AS yang jika lebih buruk dari ekspektasi. Support di level 0.6940. Selama harga bergerak di atas 0.6950, AUDUSD dalam kecenderungan menguat.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search