Market Movers: Dollar AS Masih Belum Goyah

Market Movers: Dollar AS Masih Belum Goyah

Rabu, 01 Oktober 2014 09:59:59 WIB

Monexnews - Data Tingkat Keyakinan Konsumen AS yang dirilis semalam lebih buruk dari ekspektasi pasar tapi itu tidak membuat dollar AS goyah. Indeks dollar AS masih di posisi puncak dan bahkan membentuk level tertinggi baru tahun ini kemarin. Indeks dollar kini sudah masuk ke atas kisaran 86.

Penguatan indeks dollar AS mendapatkan dukungan dari data CPI Flash Estimate Zona Euro Bulan September yang dirilis lebih rendah dari data bulan sebelumnya, 0,3% vs 0,4%. Data ini memperbesar divergensi ekspektasi antara kebijakan pelonggaran moneter Bank Sentral Eropa (ECB) dengan kebijakan pengetatan moneter Bank Sentral AS (Fed). Dukungan penguatan dollar AS juga datang dari proyeksi data Nonfarm Payrolls AS yang akan dirilis hari Jumat ini di atas angka 200 ribu.

Pagi ini sentimen negatif masih membayangi pergerakan indeks Kospi dengan data PMI Manufaktur Korea Selatan dirilis turun ke level 48,8 untuk Bulan September dari level 50,3 di bulan sebelumnya. Ini mengindikasikan aktivtas manufaktur Korea Selatan memasuki masa kontraksi. Sementara indeks Nikkei berjangka menguat berkat dukungan pelemahan
yen Jepang terhadap dollar AS yang kini sudah memasuki level 110. Indeks Hang Seng berjangka ditutup untuk memperingati hari Nasional.

Sementara data Penjualan Ritel A
ustralia untuk Bulan Agustus yang dirilis naik 0,1%. Namun angka ini di bawah perkiraan pasar 0,4% sehingga memberikan sentimen negatif ke dollar Australia.

Hari ini ada beberapa data PMI Manufaktur yang akan dirilis yang bisa menjadi market mover yaitu PMI Manufaktur dari Italia, Spanyol, Inggris dan AS. Rata-rata PMI diproyeksi tidak jauh dari bulan sebelumnya.

Pasar juga akan menantikan data Non-farm Payrolls dari ADP malam ini yang bisa menjadi gambaran data NFP yang akan dikeluarkan pemerintah pada hari Jumat nanti. Data NFP dari ADP ini diperkirakan terjadi penambahan 206 ribu pekerja di Bulan September. Data yang lebih bagus dari proyeksi bisa mendukung penguatan dollar AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search