Market Movers: Dollar AS Tekoreksi, Data Tenaga Kerja AS Menjadi Fokus

Market Movers: Dollar AS Tekoreksi, Data Tenaga Kerja AS Menjadi Fokus

Jum'at, 05 Oktober 2018 08:56:47 WIB
Aksi profit taking para pelaku pasar membuat dollar AS melemah terhadap mayoritas mata uang utama pada perdagangan Kamis kemarin. Pelemahan dollar tersebut juga berdampak pada penguatan harga emas, selain faktor anjloknya bursa saham global.

Data tenaga kerja AS pada pukul 19:30 WIB yang terdiri dari non-farm payrolls (estimasi 185K), average hourly earnings (estimasi 0,3%) , dan tingkat pengangguran (estimasi 3,8%) akan menjadi penggerak pasar secara keseluruhan.

Potensi Pergerakan

Emas
Jika data tenaga kerja AS dirilis kurang bagus (non-farm payrolls & average hourly earning di bawah estimasi) maka harga emas berpeluang menguat ke area 1208 -1212. Sebaliknya jika data tersebut dirilis lebih bagus dari perkiraan, emas berpotensi turun ke 1190 - 1187.

Minyak Mentah
Aksi profit taking membuat harga minyak anjlok tajam pada perdagangan Kamis. Jika mampu menembus kembali ke atas level 75.00, minyak berpotensi naik ke area 75.75. Support terdekat di kisaran 74.30.

EURUSD
EURUSD menghentikan penurunan enam hari beruntun Kamis kemarin, meski demikian belum adanya sentimen positif dari zona euro berpotensi kembali menekan EURUSD jika menembus ke bawah 1.1500 dengan target ke area 1.1440. Hanya rilis data tenaga kerja AS yang buruk yang dapat membawa EURUSD naik ke area 1.1585.

GBPUSD
Meski kemungkinan no-deal Brexit menguat, GBPUSD mampu kembali ke atas level 1.3000. Jika kembali turun ke bawah level tersebut, GBPUSD berpeluang besar ke area 1.2930. Namun jika mampu bertahan di atas level 1.3000, GBPUSD berpeluang naik ke 1.3090.

USDJPY
Pasangan mata uang ini berpeluang naik kembali ke area 114.55 selama tidak menembus support 113.60. Meski demikian arah pergerakan juga ditentukan rilis data tenaga kerja AS.

AUDUSD
AUDUSD saat ini berada di level terendah sejak Februari 2016 sedang mendapat tekanan yang cukup besar. Rilis data penjualan ritel Australia yang sesuai dengan estimasi belum mampu menopang rebound AUDUSD. Jika menembus ke bawah level 0.7060, AUDUSD berpotensi turun ke area 0.7020.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar
(Putu Agus)
(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search