Market Movers: Dollar AS Tertekan Sejak Akhir Pekan Lalu

Market Movers: Dollar AS Tertekan Sejak Akhir Pekan Lalu

Senin, 17 November 2014 10:01:28 WIB

Monexnews -Pagi ini pergerakan besar terjadi pada indeks saham berjangka Nikkei dan yen Jepang terhadap mata uang utama dunia. Ini berkaitan dengan rilisan data GDP kuartal ke-3 Jepang pagi ini yang negatif. Ini artinya Jepang telah memasuki masa resesi karena GDP Jepang mengalami penurunan sebanyak 2 kuartal beruntun.

Para pelaku pasar berkurang keyakinannya terhadap perekonomian Jepang sehingga aksi jual terlihat pada bursa saham Jepang. Sebagian yang keluar dari bursa saham Jepang mengambil langkah aman dengan membeli yen Jepang.

Sementara Dollar New Zealand mengalami penguatan setelah data Penjualan Ritel kuartal ke-3 Selandia Baru yang dirilis pagi ini lebih bag
us dari perkiraan pasar.

Hari ini market mover penting akan datang di malam hari dimana data ekonomi penting
AS akan dirilis dan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi akan melakukan testimoni mengenai kebijakan moneter di hadapan parlemen Eropa.

Data ekonomi AS yang perlu diperhatikan adalah data indeks aktivitas manufaktur di area New York Bulan November dan data Produksi Industri bulan Oktober. Pasar membutuhkan angka yang lebih bagus dari prediksi untuk menahan
dollar AS di level tinggi. Nilai tukar dollar AS terlihat tertekan sepanjang pagi ini. Tekanan turun terhadap dollar AS sudah terlihat sejak akhir pekan lalu.

Pasar menunggu sinyal yang akan dilemparkan Draghi ke pasar lewat testimoninya malam ini. Bila penekanan masih ke kebijakan pelonggaran moneter dengan usaha menambah program pembelian aset, nilai tukar
euro berpeluang tertekan lagi. Namun bila Draghi tidak memberikan sinyal penambahan moneter, nilai tukar euro berpeluang bertahan menguat.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search